AUDNZD Turun Setelah Berita RBNZ dan Surplus Perdagangan Aussie Merosot

Mata uang Dolar Australia melemah ketika berhadapan dengan Dolar New Zealand di hari Selasa (24/11) saat sesi Asia berlangsung. Pelemahan itu pada akhirnya menyeret pasangan AUDNZD untuk terjun ke level paling rendah dalam bulanan. Salah satu faktor yang membawa Kiwi unggul adalah laporan berita mengenai langkah pemerintah New Zealand. Pemerintah menyarakan adanya perubahan pada RBNZ, agar memasukkan harga rumah sebagai salah satu faktor penentu kebijakan.

Menteri Keuangan mengatakan bahwa dengan periode suku bunga rendah yang cukup panjang, kemudian sebelum pasokan rumah yang tersedia bisa mengejar permintaan, saat menjadi menjadi waktu yang tepat untuk memasukkan pasar rumah dalam kebijakan RBNZ. Namun Menteri Keuangan itu mengatakan RBNZ tetap independen dan itu hanya sebuah saran saja.

Tapi jika saran itu dilaksanakan, maka bisa menghapus peluang terjadinya langkah pelonggaran yang lebih luas seperti kebijakan suku bunga negatif. Mengingat harga properti akan terus naik dan biaya pinjaman sangat rendah.

Surplus Perdagangan Australia Turun

Sementara itu Australia juga melaporkan data yang mengecewakan dan membuat mata uang Dolar Australia melemah cukup dalam melawan Dolar New Zealand. Beberapa saat yang lalu, Australia rilis data mengenai perdagangan untuk bulan Oktober. Data itu menggambarkan ekspor naik sampai 6% dan impor naik 8%.

Hasil keduanya membuat tingkat surplus perdagangan Aussie turun berada di 4.840 AUD lebih rendah dari laporan September yang berada di 5.630. sehingga hal inilah yang menjadi katalis lain membawa Dolar Australia melemah lebih dalam lagi.

Saat ini pasangan AUDNZD bergerak di sekitar nilai tukar 1,0472 jatuh dari tertinggi sebelumnya yang berada di 1,0489. Sepertinya setelah ini, arah sentimen risiko akan menjadi penggerak bagi pasangan AUDNZD selanjutnya. Mengingat minim sekali katalis penggerak data.

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.