AUDUSD Berusaha Bangkit Dari Penurunan, Masalah China Masih Membebani Risiko

Pasangan mata uang AUDUSD hari ini harus rela mencetak beberapa penurunan saat sesi awal Asia hari Selasa (8/12). Penurunan itu membawa Dolar Australia melemah sekitar 0,05% melawan Dolar AS. Sekarang pasangan berjuang bangkit dari level paling rendah harian yang berada di 0,7409. Untungnya setelah pelemahan itu, Dolar Australia kembali menerima nada pembelian yang cukup baik.

Terbantu Data Australia Positif

Salah satu katalis yang mendukung Dolar Australia mencetak pemulihan adalah data dalam negeri Aussie yang menggembirakan. Beberapa saat lalu, Aussie merilis data perumahan tingkat kedua dengan sentimen yang cukup baik. Namun sayangnya upaya kenaikan AUDUSD hari ini harus ditahan oleh nada pesimis yang berasal dari China.

Sementara itu indeks harga rumah pada laporan kuartal ketiga mengalami kenaikan +0,8% dalam kuartal ke kuartal. Data itu lebih baik dari yang dilaporkan sebelumnya pada -1,8% dan prediksi awal yang hanya di -1,0%. Kemudian data dalam interval tahun ke tahun turun sampai ke 4,5% dari laporan sebelumnya yang berada di 6,2%.

Kemudian data lain yang dirilis adalah Keyakinan Bisnis NAB yang naik menuju ke 12 dari laporan sebelumnya yang berada di 5. Kemudian kondisi bisnis juga baik menuju 9 dari sebelumnya di 1. Selain data ekonomi Australia, pergerakan AUDUSD hari ini juga dipengaruhi oleh kondisi politik di sekitar China. Pasalnya Polisi Hong Kong telah menangkap pihak oposisi terkenal. Selanjutnya dilaporkan juga bahwa pemerintah Trump memberlakukan sanksi bagi para pejabat asal China.

Hal ini akan membuat nada risiko terbebani dan menghambat upaya Dolar Australia yang berusaha naik tinggi. Penurunan Dolar Australia beberapa waktu sebelumnya sepertinya memang sangat wajar terjadi. Karena aset berisiko global seperti kontrak berjangka S&P 500 juga sedang dalam penurunan 0,30%.

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.