AUDUSD Gagal Merespon Data Perdagangan Aussie yang Baik, Tapi Masih Dalam Bias Bullish

Pasangan mata uang AUDUSD hari ini tidak menampilkan pergerakan yang jelas, meski beberapa saat sebelumnya telah rilis data ekonomi utama Aussie yang mengesankan. Pasangan tetap dalam bias penurunan menuju ke nilai tukar 0,7403 setelah sebelumnya mengalami penurunan cukup dalam sampai ke 0,7398.

Padahal Australia merilis data mengenai perdagangan dengan hasil yang sangat baik. Tingkat ekspor Australia yang menjadi tolak ukur permintaan luar negeri naik sampai 5,4%. Meski sebenarnya masih lebih rendah dari kenaikan sebelumnya di 6%. Kemudian data permintaan dalam negeri yaitu impor naik tipis 0,6% jauh lebih baik dari laporan sebelumnya yaitu -6,5%.

Bersama dengan data perdagangan yang baik tersebut, tingkat surplus perdagangan mampu meningkat sangat tinggi sekali. Surplus berada di 7.456 juta AUD lebih tinggi dari laporan sebelumnya yang berada di 4.840 juta AUD. Data itu juga lebih baik dari prediksi awal yang berada di 5.800 juta. Seharusnya dengan data perdagangan yang baik ini amka bisa mendorong permintaan mata uangnya mengalami lonjakan.

Masih Dalam Bias Bullish

Sayangnya sampai setelah data itu disampaikan, AUDUSD hari ini tetap gagal mencetak kenaikan yang lebih tinggi. Kemungkinan penyebabnya adalah sentimen risiko yang sedikit lemah dan masih penuh ketidakpastian di sesi Asia hari Kamis ini (3/11).

Meski saat ini Dolar Australia turun, secara luas masih dalam bias kenaikan yang tinggi. Sebelumnya Dolar Australia naik sangat tinggi sampai 400 pips menuju ke 0,7420 dari sebelumnya di 0,6991. Penutupan di atas level utama 0,74 bisa menjadi pertanda AUDUSD hari ini mampu naik lebih tinggi lagi. Mengingat peluang pelemahan safe haven Dolar AS masih tinggi. Berita mengenai stimulus ekonomi AS dan vaksin akan membantu risk on kembali hidup dan mendominasi. 

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.