AUDUSD Gagal Naik Meski Pengangguran Turun

Pasangan mata uang AUDUSD hari ini tidak menampilkan pergerakan yang berarti pasca rilis data utama ekonomi Australia. Pengabaian itu membawa pasangan masih bertahan bergerak di sekitar nilai tukar 0,7755. Kondisi masih terus bertahan sepanjang sesi Asia hari Kamis (21/1).

Sementara itu sebelumnya Australia merilis data mengenai tingkat pengangguran untuk bulan Desember. Data itu dilaporkan lebih baik turun ke 6,6% dan menjadi catatan yang menggembirakan sejak terakhir kali terlihat pada April lalu. Data ini jauh lebih baik dari apa yang diharapkan sebelumnya pada 6,7% dan laporan bulan sebelumnya di 6,8%.

Kemudian ekonomi menambah sekitar 50 ribu pekerjaan sesuai dengan harapan. Meneruskan catatan positif yang dibuat pada bulan sebelumnya yang ada pertambahan pekerjaan sampai 90 ribu. Tingkat partisipasi juga naik sampai 66,2% sesuai harapan awal. Pekerjaan purna berada di 35,7 ribu setelah bulan kemarin naik 84,2 ribu.

Data Kurang Menekan RBA

Sayangnya AUDUSD hari ini tidak mampu mengambil sinyal yang sangat positif bagi ekonomi Australia tersebut. Kemungkinan penyebabnya adalah data mengenai pekerjaan purna yang masih lebih rendah dari laporan bulan sebelumnya.

Selain itu dengan data ini juga tampak masih belum bisa menekan bank sentral Australia agar mau melupakan bias dovish yang sempat disampaikan. Bahkan RBA sebelumnya mengungkapkan tidak ada kenaikan suku bunga sampai tiga tahun mendatang.

Melihat aksi yang ditampilkan AUDUSD hari ini, ada peluang terjadi penurunan karena Dolar Australia tidak ada peminat. Dolar AS bisa mengambil alih pergerakan dengan menunggu pembaruan arah dari imbal hasil obligasi Treasury AS dalam 10 tahun. Apalagi posisi aset berisiko seperti kontak berjangka S&P 500 juga dalam bias penurunan. Sehingga peluang permintaan pembelian safe haven Dolar AS bisa meningkat.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.