AUDUSD Gagal Naik Setelah RBA Menegaskan Suku Bunga Tetap Rendah

Pasangan mata uang AUDUSD hari ini mengalami kesulitan untuk memberikan respon atas pernyataan terbaru dari RBA. Beberapa jam yang lalu, RBA memberikan pidato terkait kondisi ekonomi dengan nada yang optimis. Namun para pembeli Dolar Australia tampaknya menahan aksinya ketika sikap seputar suku bunga justru terdengar dovish.

RBA memberikan pernyataan itu dalam pertemuan tiga bulanan atau SoMP yang berlangsung sesi awal Asia tadi pagi. RBA melakukan perubahan prediksi pertumbuhan produk domestik bruto menjadi lebih tinggi. Kemudian tingkat pengangguran juga diprediksi akan turun sampai dengan tahun 2022 mendatang. Melihat hal ini, pasar sempat merasa senang dan memancing pembelian AUDUSD hari ini.

Suku Bunga Tidak Dinaikkan

Sayangnya meski beberapa pernyataan di atas terdengar optimis, setelahnya RBA mengulangi dan menegaskan tidak ada perubahan suku bunga dalam waktu dekat. Ada dua indikator utama yang akan menjadi prasyarat kenaikan suku bunga yaitu target inflasi tercapai dan lapangan kerja membaik sebelum 2024. Mendengar hal ini pasar langsung menahan diri dari pembelian Dolar Australia dan membuat AUDUSD kesulitan meneruskan aksinya.

Selain itu beban yang harus ditanggung AUDUSD hari ini kemungkinan adalah data awal sesi yang juga tampak suram. Data mengenai penjualan eceran yang mewakili tingkat belanja konsumen anjlok -4,1% untuk bulan Desember. Data ini memberikan kekhawatiran kepada pasar keuangan global.

Pasangan AUDUSD berikutnya akan terus memantau apa yang sedang terjadi di pasar Asia hari Jumat (5/2) ini. mengingat setelah ini hampir tidak ada katalis penggerak data dan peristiwa yang relevan. Sehingga dinamika perubahan arah sentimen risiko mungkin akan menjadi perhatian pasar. Di lain sisi, beberapa berita seperti mengenai dana stimulus AS dan beberapa data nanti malam akan ditunggu pasar sebagai penggerak.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.