AUDUSD Melompat Karena Banyak Katalis Meski Tidak Ada Peristiwa Utama

Para pembeli Dolar Australia tampak berkumpul dan menyebabkan mata uang itu melonjak sangat tinggi. Bahkan saat sesi Asia masih berlangsung di hari Senin (22/2) AUDUSD hari ini bergerak menuju ke puncak tertinggi dalam 35 bulan terakhir. Kemudian ini juga menjadi lonjakan paling kuat yang tercatatkan sejak tujuh pekan terakhir.

Sampai saat ini AUDUSD masih bergerak melonjak 0,23% menuju ke nilai tukar 0,7885 setelah sempat lebih tinggi pada 0,7899 dan mundur tipis. Para pelaku pasar dan investor merasa sangat senang ketika ada laporan terbaru dari pemeringkat global yaitu Fitch. Kemudian komentar terbaru yang disampaikan oleh wakil China juga menjadi katalis penggerak AUDUSD hari ini.

Rangkaian Katalis Hari Ini

Fitch mengatakan bahwa saat in kerangka kebijakan yang cukup efektif dan lembaga yang kuat membantu Australia bertahan pada level kredit AAA. Meski begitu, banyak yang masih khawatir pada ketidakpastian mengenai utang jangka menengah. Apalagi setelah lonjakan utang publik yang besar akibat pandemi. Sehingga membuat Fitch menyampaikan prospek kredit negatif untuk Australia.

Pembaruan berita mengenai hubungan antara AS dan China juga telah menggerakkan AUDUSD hari ini. Penasihat Negara bersama Menlu China, mengatakan AS bersalah atas konflik yang terjadi. Dua pejabat China itu juga menekan agar AS berusaha memperbaiki hubungan kedua pihak. Tapi bagaimanapun China juga meminta agar AS menghentikan campur tangannya.

Hal lain yang bisa membawa Dolar Australia kembali naik lebih tinggi adalah optimisme virus Corona global. Setelah vaksinasi yang masif, Inggris berencana mulai melonggarkan lock down. Kemudian peluang dana stimulus AS yang ekstra besar juga terus memancing rasa senang para pelaku pasar dan investor. Nada positif di pasar saham juga akan membawa pasangan bertahan dalam bias kenaikan. Meski masih minim katalis pendukung yang lain.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.