AUDUSD Melompat Pasca Berita Vaksin, FDA dan Stimulus AS

Pasangan mata uang AUDUSD hari ini mampu bergerak menjadi lebih tinggi di sesi Asia Selasa (5/1). Mata uang Dolar AS sepertinya mencatatkan pelemahan yang signifikan ketika adanya laporan positif mengenai vaksin virus Corona. Melihat kondisi ini, para pembeli Dolar Australia langsung masuk untuk mendominasi pergerakan AUDUSD.

Kemudian katalis lain yang membantu pada pembelian AUDUSD hari ini adalah adanya laporan bahwa Senat AS akan dikuasai Demokrat. Sehingga peluang stimulus ekonomi yang lebih besar akan terbuka sangat lebar. Jika memang hal itu terjadi maka ekonomi AS bisa bangkit dari perlambatan yang terjadi.

Saat ini pasangan bergerak di sekitar nilai tukar 0,7680 atau mewakili kenaikan 0,25%. Mampu bangkit dari penurunan yang terjadi di sekitar 0,7642. Arah sentimen risiko selanjutnya mungkin akan diperhatikan para pelaku pasar dan investor.

Berita Positif Vaksin

Dukungan yang mendorong AUDUSD hari ini melompat utamanya datang dari vaksin virus Corona. Sebanyak dua vaksin mRNA yang tidak sama telah menampilkan hasil akhir dengan efektivitas yang sangat menggembirakan sampai 95%. Sehingga dinilai bisa menjadi vaksin bagi orang dewasa.

Sementara itu FDA AS menyampaikan diskusi jadwal vaksinasi itu masih tidak jelas, tidak didasarkan pada bukti yang tersedia. Sehingga masih akan berpatok pada rencana sebelumnya. Apa yang disampaikan oleh otoritas obat dan makanan AS itu akan memancing nada penjualan di sekitar Dolar AS beberapa waktu mendatang.

Mengenai dana stimulus ekonomi AS, Goldman Sachs memprediksi stimulus fiskal tambahan dari Senat bisa membawa Dolar AS dalam tekanan. Tampaknya peluang kenaikan Dolar Australia masih terbuka lebar. Namun beberapa penghalang harus bisa dilewati seperti di sekitar nilai tukar 0,7740 yang berlaku sebagai resistance utama. Jika ini mampu dilewati maka kenaikan yang lebih tinggi akan terbuka lebar.

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.