AUDUSD Melonjak Setelah Data IHK Optimis, Belum Menurunkan Ekspektasi Cut Rate RBA

Pasangan mata uang AUDUSD hari ini secara mengejutkan mampu kembali mencetak kinerja yang sangat mengesankan saat sesi awal Eropa hari Rabu (28/10). Dengan kenaikan permintaan terhadap mata uang Dolar Australia ini, pasangan berhasil mencapai puncak yang paling tinggi dalam sepekan terakhir. Pasangan masih berusaha menunggu dorongan baru di sekitar 0,7155.

Data IHK Mengesankan

Momentum kenaikan hari Rabu ini sepertinya juga perluasan kinerja yang sangat mengesankan pada hari Selasa kemarin. Salah satu katalis yang mendorong AUDUSD hari ini melompat adalah rilis data ekonomi dari Aussie yang sangat menggembirakan. Saat sesi Asia, Aussie merilis data mengenai indeks harga konsumen.

Data itu disampaikan dengan hasil melonjak sampai ke 1,6% lebih baik dari prediksi awal di 1,5%. Data ini juga sangat lebih baik dari laporan Q2 2020 yang berada di -1,9%. Dengan hasil positif ini bisa menjadi pertanda tingkat pembelian di masyarakat umum sudah mulai membaik dan mendorong harga kembali melonjak.

Sayangnya pasca rilis data tersebut, sebenarnya Dolar Australia hampir tidak memberikan respon apapun. Pasalnya langsung ada spekulasi yang meluas di pasar keuangan dan menahan upaya AUDUSD hari ini untuk bullish. Data IHK yang lebih baik dari prediksi dan data sebelumnya itu, diperkirakan tidak akan mampu mengubah pandangan dovish atas langkah RBA yang akan ditentukan bulan November mendatang.

RBA diprediksi masih tetap akan memangkas suku bunganya ke 0,10%. Tapi pada akhirnya beberapa jam setelah data dirilis, pergerakan mata uang Dolar Australia mampu mengesankan para pembeli. Pasangan mencatatkan kenaikan meski sebenarnya aliran risk off sangat mendominasi di pasar global. Sehingga untuk pergerakan AUDUSD hari ini akan mencoba mencari informasi dari arah sentimen risiko dari pasar global beberapa waktu selanjutnya.

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.