AUDUSD Memulihkan Diri Meski Masih Bearish Pasca Kebijakan Terbaru RBA

Pasangan mata uang AUDUSD hari ini tampak sempat dalam bias bearish yang cukup dalam. Namun saat sesi pertengahan Asia berlangsung, pasar berubah pikiran dan membeli Dolar Australia. Hasilnya AUDUSD mampu memangkas beberapa bias bearish. Sampai menjelang pembukaan pasar Eropa Selasa (2/3), pasangan bertahan dalam penurunan 0,17% di sekitar nilai tukar 0,7770.

Tidak Ada Kenaikan Suku Bunga RBA

Salah satu katalis yang mengirimkan AUDUSD hari ini dalam kenaikan adalah hasil pertemuan kebijakan moneter terbaru dari RBA. Dalam pertemuan penting itu, bank sentral Australia mengambil keputusan dengan tidak mengubah suku bunga. Sehingga tetap berada pada level 0,10% dan target imbal hasil obligasi dalam 3 tahun juga tidak berubah.

Dengan hasil itu, para pelaku pasar dan investor gagal mencari arah kebijakan yang terbaru dalam pertemuan bulan Maret. Fokus justru tertuju pada kesiapan dari bank sentral untuk mendongkrak pasar obligasi. Selain itu juga menyatakan penolakan pada kenaikan suku bunga untuk beberapa waktu ke depan. Hal itu mengirimkan Dolar Australia dalam nada pembelian.

Sementara tekanan yang terjadi pada AUDUSD hari ini di sesi Asia datang ketika kurangnya katalis pendukung kenaikan Senin kemarin. bahkan kenaikan yang diupayakan saat ini juga sedang diancam beberapa masalah seperti ketakutan varian baru Corona dari Brasil. Selain itu pasar sedang sangat berhati-hati menjelang stimulus utama dari AS dan rencana anggaran Inggris.

Pergerakan Dolar Australia untuk beberapa waktu berikutnya mungkin akan lebih fokus ke katalis utama global. Karena sebelumnya laporan kebijakan terbaru dari RBA telah gagal membantu Dolar Australia bergerak. Sehingga katalis bisa datang dari berita stimulus ekonomi AS dan anggaran Inggris terbaru. Lalu pembaruan arah sentimen risiko global dan dinamika pasar obligasi mungkin akan menjadi penggerak non-data.

Leave a Comment

Copyright © 2022. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.