AUDUSD Naik Ringan, Beban Risiko Masih Menahan Kenaikan yang Lebih Tinggi

Pasangan mata uang AUDUSD hari ini di sesi Asia terus berusaha bertahan dalam bias kenaikan. Dolar Australia berhasil menarik permintaan pembelian bangkir dari 0,7425 menuju ke nilai tukar 0,7450 atau naik 0,06%. Sehingga penurunan AUDUSD dari puncak tertinggi Juli 2018 lalu dengan perlahan mulai dihapuskan kembali. Meksi masih belum jelas kemana arah pergerakan selanjutnya.

Salah satu katalis yang mendukung AUDUSD hari ini naik adalah data ekspektasi inflasi konsumen. Data tersebut untuk bulan Desember tidak mengalami perubahan dan tetap di 3,5%. Sehingga memberikan gambaran para pembeli di Australia tidak terpengaruh oleh konflik antara China dan Australia yang memanas. Kemudian pasar juga merasa yakin atas langkah RBA untuk membantu pemulihan ekonomi negara tersebut.

Sebelumnya, Dolar Australia jatuh ketika sentimen risiko global mengalami perubahan arah secara signifikan. Mereka merasa khawatir dengan risiko Brexit tanpa kesepakatan yang terus meningkat. Kemudian sempat meluas juga berita mengenai penundaan pengesahan dana stimulus ekonomi dari pemerintah AS. Namun kedua berita negatif itu di sesi Asia hari Kamis (10/12) mulai terhapuskan oleh berita yang positif.

Beban Penahan Bullish

Meski begitu, AUDUSD hari ini harus menerima beberapa beban yang membatasi kenaikan lebih tinggi. Beban itu datang ketika kasus virus Corona di AS terus meningkat sangat tinggi bergabung dengan minimnya data yang dirilis hari ini. Kemudian ECB juga akan mengambil langkah kebijakan moneter terbaru yang memaksa pelaku pasar menahan aksi perdagangan mereka.

Tampaknya upaya bullish AUDUSD harus tertahan lebih lama lagi. Karena sebagian besar aset berisiko global sedang kesulitan mencetak kenaikan. Kontrak berjangka S&P 500 masih sulit naik setelah jatuh dari puncak tertingginya. Kemudian saham ASX 200 juga dalam bias penurunan yang dalam sampai 0,40%. 

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.