AUDUSD Naik Setelah Risk On Membangkitkan Pasar Ekuitas

Permintaan terhadap mata uang Dolar Australia hari ini mengalami kenaikan. Dengan ini AUDUSD hari ini mampu mengeluarkan diri dari konsolidasi yang terjadi sepanjang sesi Asia tadi pagi. Bahkan pasangan juga mampu menuju ke titik paling tinggi dalam dua hari terakhir di sekitar 0,7155.

Salah satu pendukung suasana yang optimis di sekitar pasar keuangang global adalah berita mengenai stimulus ekonomi AS. Walaupun kemarin Trump sempat menyatakan penolakan dana stimulus ekstra besar yang dinegosiasikan antara Demokrat dan Republik. Dia mengatakan siap mengeluarkan dana untuk beberapa sektor seperti bisnis kecil, individu dan juga penerbangan. Berita inilah yang membantu aset berisiko mendominasi menghapus kekecewaan kemarin.

Adanya nada risk on yang mendorong AUDUSD hari ini lebih tinggi juga terlihat pada pasar ekuitas global yang positif. Mata uang Dolar AS sebagai aset safe haven penghindaran risiko turu mengalami pelemahan ketika risk on sedang berkuasa penuh.

Penyebab Dolar AS lemah dan defensif juga disebabkan oleh rilis risalah pertemuan FOMC semalam. Pada ringkasan pertemuan itu FOMC mengungkapkan kekhawatiran terhadap proyeksi ekonomi AS ketika tidak ada stimulus fiskal. Jika stimulus kurang maka akan menyebabkan momentum pemulihan ekonomi akan lebih berat dan menjadi lebih lama lagi untuk bangkit.

Menunggu Data Ekonomi AS

Penguatan Dolar Australia berhasil membangkitkan pergerakan AUDUSD hari ini untuk bangkit dari titik paling rendah dalam sepekan di bawah 0,7100. Sayangnya momentum kenaikan AUDUSD tampak kurang mendapatkan dorongan yang lebih kuat lagi.

Kemungkinan untuk menentukan apakah akan naik atau turun, AUDUSD akan menunggu rilis data ekonomi utama AS nanti malam. AS akan merilis data mengenai klaim pengangguran dalam sepekan awal. Kemudian dinamika sentimen risiko global juga akan terus diawasi untuk menentukan arah pergerakan selanjutnya.

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.