AUDUSD Stabil Tidak Merespon Data China Yang Optimis

Pasangan mata uang AUDUSD hari ini bergerak sangat lesu meski ada katalis penggerak yang dalam kondisi wajar akan menggerakkan pasangan. Padahal pada kondisi normal data ekonomi China akan memberikan pengaruh pada pergerakan mata uang Dolar Australia. Tapi hari Rabu ini (30/9) data ekonomi China tampak sepenuhnya diabaikan oleh para pelaku pasar dan investor.

Data China Mengesankan

Beberapa saat yang lalu China merilis data mengenai IMP manufaktur NBS dengan hasil mengalami kenaikan sampai ke 51,5. Data itu secara otomatis jauh lebih tinggi dibandingkan prediksi awal di 51,2 dan laporan data sebelumnya di 51. Lalu data lain seperti IMP non-manufaktur NBS juga mengalami kenaikan untuk laporan bulan September sampai ke 55,9. Data lebih tinggi dari prediksi awal di 52,1 dan data sebelumnya di 55,2.

Dengan laporan data ekonomi China mengenai indeks manajer pembelian tersebut, menjadi pertanda bahwa sektor manufaktur dan non-manufaktur tumbuh dengan pesat selama September ini. Sayangnya AUDUSD hari ini tidak memberikan respon apapun atas rilis data ekonomi tersebut. Pasangan hanya mampu bertahan di sekitar nilai tukar 0,7135 setelah sebelumnya melonjak sampai ke puncak harian di 0,7150.

Kemungkinan penyebab AUDUSD hari ini tidak merespon data China adalah adanya suasana hati-hati dari para pelaku pasar dan investor. Karena saat ini sedang berlangsung debat calon presiden AS antara Trump dan Biden yang memanas.

Tentunya apa yang disampaikan dua calon presiden itu akan sangat mampu menggerakan mata uang Dolar AS. Aksi hati-hati ini akan terus terjadi sampai menunggu arah risiko untuk selanjutnya. Jika optimisme mampu berkuasa maka akan membantu AUDUSD untuk melonjak menjadi lebih tinggi lagi. Tapi jika nada hati-hati masih bertahan, maka AUDUSD bisa stagnan atau bahkan Dolar AS bisa mendominasi.

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.