AUDUSD Terjun Setelah Harapan Pelonggran RBA Meningkat, Stabilitas Pasar Ekuitas Membatasi Bearish

Pergerakan pada pasangan mata uang AUDUSD hari ini masih dalam tekanan yang cukup berat saat sesi awal Eropa hari Jumat (16/10). Saat ini Dolar Australia berhasil di seret oleh Dolar AS untuk mengunjungi titik paling rendah dalam pergerakan harian di sekitar nilai tukar 0,7075. Aksi risk off pasar global tampak sangat merugikan mata uang Dolar Australia beberapa hari terakhir.

Spekulasi Cut Rate RBA Meningkat

Dari sisi lain, Dolar Australia memang juga sedang dalam posisi bearish akibat adanya spekulasi mengenai langkah terbaru dari RBA. Dengan data ekonom Aussie kemarin yang mengecewakan, menghidupkan spekulasi bahwa Reserve Bank of Australia akan melakukan pemangkasan suku bunga lebih rendah pada pertemuan November.

Perlu diperhatikan juga bahwa Gubernur RBA, P. Lowe juga sudah memberikan beberapa sinyal akan ada langkah terbaru dari RBA pada hari Kamis kemarin. salah satunya yaitu pemangkasan suku bunga ke level paling rendah terbaru. Selain itu kemungkinan juga akan ada langkah stimulus lanjutan pada pertemuan kebijakan mendatang.

Pasalnya ekonomi Australia sangat tertekan akibat pandemi virus Corona. Walaupun sebenarnya kejatuhan ekonomi Negeri Kangguru itu tidak sehancur apa yang diprediksi sebelumnya. Namun akhir-akhir ini kembali tertekan akibat data ketenagakerjaan yangs suram. Terlebih pandemi gelombang kedua pada akhirnya juga memaksa pemerintah untuk memberlakukan lockdown yang bisa menghambat momentum pemulihan ekonomi.

Tapi pergerakan AUDUSD hari ini sepertinya masih akan tertahan dan tidak turun lebih tajam. Asumsi ini datang ketika pasar ekuitas sudah mulai stabil yang menjadi pertanda permintaan aset berisiko sudah hidup kembali.

Fokus pergerakan AUDUSD hari ini mungkin akan tertuju pada rilis data penjualan eceran dari Amerika Serikat nanti malam. Disusul oleh data produksi industri dan indeks sentimen konsumen Michigan. Ekspektasi langkah RBA juga terus menjadi perhatian pasar.

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.