AUDUSD Turun Setelah Naik Tinggi Sesi Asia Karena Risk Off Tidak Mampu Di Tahan Dolar Australia

Setelah sempat mencatatkan kenaikan yang sangat mengesankan, AUDUSD hari ini saat sesi awal Eropa kembali dalam bias penurunan. Saat ini pasangan menjauh dari puncak paling tinggi sesi Asia dan kehilangan kenaikan sampai 40 pips. Pasangan terjun menuju ke titik paling rendah dalam harian di sekitar nilai tukar 0,7020.

Turun Setelah Melawan Risk Off

Padahal sebelumnya mata uang Dolar Australia bergerak sangat mengesankan melawan Dolar AS. Langkah pembukaan lockdown di Queensland membantu nada pembelian Dolar Australia terjadi di tengah aksi risk off sesi Asia tadi.

Namun pada akhirnya AUDUSD hari ini kembali turun dan gagal bertahan di tengah serangan penghindaran risiko. Para pelaku pasar dan investor global sangat menaruh kekhawatiran yang mendalam pada masa depan ekonomi global. Langkah penutupan beberapa negara membuat pemulihan ekonomi menjadi sangat terancam.

Kekhawatiran ini tergambarkan dengan adanya nada penjualan yang kuat di sekitar aset berisiko kontrak berjangka S&P 500 yang mencapai 1,0%. Kemudian penurunan saham Asia juga tampak mengkonfirmasi pelemahan permintaan mata uang Dolar Australia baru-baru ini.

Tapi perlu diperhatikan, meskipun AUDUSD hari ini kembali turun ke terendah harian, penurunan yang lebih dalam sulit untuk terjadi. Mengingat posisi indeks Dolar AS masih dalam bias penurunan yang cukup dalam hari Jumat ini. Dinamika politik AS menjelang pemilihan Presiden AS dan dinamika dana stimulus membuat mata uang Dolar AS sebagai aset safe haven menjadi terbebani.

Di lain sisi, pembelian Dolar Australia juga akan terbebani oleh ekspektasi langkah kebijakan moneter dari RBA. Para pelaku pasar dan investor masih memegang bahwa RBA akan melakukan pemangkasan suku bunga pada pertemuan bulan November. Sehingga arah AUDUSD selanjutnya mungkin akan fokus ke rilis data ekonomi AS nanti malam dan pembaruan arah risiko global.

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.