6 Rekomendasi Buku Investasi Saham untuk Pemula

Pengetahuan menjadi hal terpenting saat hendak memulai investasi saham. Pengetahuan investasi saham ini bisa didapat melalui berbagai media, salah satunya buku investasi saham.

Meskipun di era digital sumber informasi investasi saham bisa didapat dari youtube, artikel-artikel investasi, dan forum diskusi daring, tetapi buku investasi saham memiliki keunggulan

Buku investasi saham biasanya ditulis secara lengkap dan terperinci oleh pakar investasi yang ahli di bidangnya. Karena itu, belajar saham dengan membaca buku bisa dijadikan pilihan para investor pemula.

Rekomendasi Buku Investasi Saham

Ada beberapa buku investasi saham yang bisa dijadikan referensi investor yang hendak belajar investasi saham. Apa saja bukunya? Berikut rekomendasi buku investasi saham!

1. The Intelligent Investor-Benjamin Graham 

Buku The Intelligent Investor merupakan buku investasi saham yang paling direkomendasikan bagi para investor yang ingin mengetahui seluk beluk investasi, terutama saham. 

Buku yang ditulis Benjamin Graham ini, disebut sebagai buku investasi terbaik oleh seorang investor terkenal dunia Warren Buffet. 

Buku yang diterbitkan tahun 1949 ini, bahkan, dianggap sebagai buku yang wajib dibaca para investor. Sebab, di dalamnya dibahas mengenai  seluruh aspek saat berinvestasi saham dan filosofi Benjamin Graham tentang investasi nilai.

Buku ini cocok dibaca bagi investor yang baru terjun di dunia investasi saham karena mengulas prinsip dasar tentang seorang investor cerdas antara investor atau spekulator. 

Dalam bukunya, Benjamin mengatakan investor cerdas adalah yang melakukan analisa fundamental menyeluruh sebelum membeli saham, mencegah kerugian dengan diversifikasi saham dan mencari keuntungan bukan besarnya tetapi stabil dan memadai.

2. Security Analysis – Benjamin Graham & David Dodd 

Buku investasi saham lainnya yang bisa menjadi sumber pengetahuan investor pemula yakni Security Analysis yang juga ditulis oleh Benjamin Graham dengan David Dodd. 

Buku yang dipublikasikan pada 1934 ini juga menjadi bacaan wajib para investor selain buku The Intelligent Investor.

Dalam buku Security Analysis, Benjamin Graham & David Dodd menulis tentang definisi investasi yang berbeda dengan spekulasi. 

Benjamin menekankan jika investasi merupakan analis menyeluruh, menjanjikan pengembalian memuaskan, dan bukan bersifat spekulatif. 

Karena itu, Benjamin menulis agar pemilik saham memandang saham sebagai bagian kepemilikan bisnis sehingga tidak harus peduli dengan fluktuasi harga saham. 

Dengan demikian, pemilik saham tidak perlu khawatir dengan jangka pendek dan fokus pada jangka panjang.

4. Invested – Danielle Town 

Invested – Danielle Town juga merupakan buku investasi saham berikutnya yang bisa menjadi pilihan bacaan investor yang memulai investasi saham. Buku ini mengulas mengenai paradigma investasi dan perjalanan menuju kebebasan finansial.

Melalui tulisannya, Danielle Town yang merupakan anak dari investor sukses tidak pernah tertarik dengan dunia keuangan, saham, portofolio, dan semacamnya. 

Kemudian ia memilih pada karier hukum dan terjebak dalam pekerjaan yang menyita waktu dan hidupnya tanpa kendali.

Ia pun kemudian mengubah paradigma dan belajar berinvestasi dari semula enggan hingga menjadi seseorang yang mahir berinvestasi di perusahaan-perusahaan hebat.

4. Smart Trader Rich Investor – Ellen May

Buku investasi saham berikutnya yang bisa dijadikan bacaan adalah Smart Trader Rich Investor dari Ellen May. Buku ini berisi panduan sukses investasi saham bagi pemula.

Ellen May dalam bukunya menulis tentang cara memulai trading maupun investasi saham bagi para pemula dan cara pemula memilih strategi dari trading jangka pendek dan investasi jangka panjang. 

Selain itu, Ellen juga mengulas modal yang dibutuhkan bagi seorang pemula, meminimalkan risiko dan memaksimalkan keuntungan saat bermain saham.

Buku ini juga membahas mengenai berbagai hal lainnya yang perlu diperhatikan pemula saat berinvestasi saham. Karena itu, buku ini bisa menjadi panduan tepat bagi kalian investor pemula yang ingin masuk ke investasi saham.

5. Rich Dad, Poor Dad – Robert Kiyosaki

Rich Dad, Poor Dad yang ditulis oleh penulis, pengusaha sekaligus investor asal Amerika Serikat Robert Kiyosaki juga layak menjadi bacaan para investor yang ingin berinvestasi saham. 

Buku ini memaparkan bagaimana pentingnya mengubah pola pikir demi menuju kebebasan finansial. 

Robert dalam bukunya mengungkap bagaimana pola pikir berbeda yang diajarkan antara orang kaya dan orang menengah ke bawah. 

Hal ini yang kemudian membuat perbedaan dalam upaya mengejar finansial.

Robert pun melalui bukunya, mengajak agar peka terhadap keuangan sedini mungkin. Apalagi di era digital saat ini, ia mengajak untuk membangun aset keuangan dan berani berinvestasi.

6. Technical Analysis for Mega Profit

Buku investasi saham berikutnya yang bisa dipilih adalah Technical Analysis for Mega Profit. 

Jika buku sebelumnya, lebih banyak mengulas tentang paradigma tentang keuangan maupun investasi, maka buku yang ditulis oleh Edianto Ong ini akan membahas mengenai teknik-teknik, cara penggunaan dalam berinvestasi saham baik investor maupun trader.

Selain itu, dalam buku ini akan dibahas secara detail mengenai analisa teknikal saham. Karenanya, buku ini cocok bagi investor yang ingin mengetahui teknik dan strategi dalam investasi saham.

Demikian, rekomendasi buku investasi saham yang dapat menjadi bacaan investor yang hendak memulai investasi saham. 

Belajar saham dari buku merupakan salah satu langkah terbaik untuk belajar investasi saham lebih lengkap dari pengalaman para ahli. Pastikan memilih buku investasi saham terbaik untuk menambah pengetahuan tentang investasi saham!

Leave a Comment

Copyright © 2022. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.