10 Rekomendasi Buku Investasi Terbaik & Paling Dicari

Buku Investasi menjadi barang penting  bagi kamu pemula yang mau mulai berinvestasi. Buku investasi akan memberikan gambaran tentang investasi, baik buruknya, risikonya dan segala hal yang mengiringinya.

Buku investasi juga bisa membantumu memilih produk investasi apa yang menarik hatimu dan sesuai rencana jangka pendek maupun panjang.

Buku investasi juga bukanlah buku biasa, isinya adalah beberapa pengalaman dan penjelasan para investor senior yang sudah sukses. Para investor maupun pengamat investasi yang sudah paham kondisi lapangan bursa, menuliskan semuanya di dalam buku investasi.

Meskipun di era digital seperti sekarang, sumber informasi mengenai investasi saham memang sudah banyak didapat dengan mudah. Namun tidak ada yang selengkap dan sedetail buku investasi. Selain ada tata cara berinteraksi, di dalam buku investasi juga ada cerita pengalaman sang penulis sebelum maupun sesudah berinvestasi.

buku investasi

Investor yang menulis buku beberapa diantaranya yang paling terkenal adalah Warren Buffet dan Peter Lynch yang populer di Amerika. Sayangnya, baik kedua nama tersebut maupun penulis buku investor lainnya kurang dikenal oleh para calon investor yang mau belajar. Untuk itu berikut adalah 10 rekomendasi buku investasi yang paling dicari.

The Essays of Warren Buffett: Lessons for Corporate America-Warren Buffett

Tidak sah rasanya jika tidak membaca tulisans seorang Warren Buffet. Sultan Amerika ini sudah membuktikan keberhasilannya dalam menjadi investor terkenal sekaligus sukses di dunia.

Buku karya Warren Buffett ini membahas tentang prinsip dasar sebuah bisnis lengkap dari corporate governance, investasi, keuangan, kebijakan akuntansi, alternatif saham, merger dan akuisisi, hingga pajak. Kamu bakal dapat tips penting soal investasi dari Warren Buffet di bukunya ini. Salah satunya yaitu membeli saham sebuah perusahaan di saat saham saat tengah diskon atau bearish, dan tentunya bernilai di bawah standar.

Rich Dad Poor Dad-Robert T. Kiyosaki

Jika kamu seorang pecinta buku dan cukup sering mondar mandir di toko buku yang ada di pusat perbelanjaan, pasti tidak awam dengan buku ini. Buku berjudul Rich Dad Poor Dad dari Robert T. Kiyosaki ini cukup mentereng di beberapa pecinta buku dan etalase toko buku. Buku ini ramai dilabeli orang-orang sebagai buku tata cara orang menjadi kaya raya.

Buku investasi klasik ini merupakan salah satu buku yang cocok bagi pemula. Di dalam bukunya, Kiyosaki menyatakan bahwa orang dari kalangan bawah (kurang mampu) hingga kelas menengah cenderung mencari uang untuk penghidupannya setiap hari. Beda dengan kelas atas (orang kaya raya) yang mapan secara finansial, mereka cenderung bekerja untuk dapat belajar.

Sehingga dengan teorinya, orang kaya akan makin kaya dan orang miskin akan semakin miskin. Buku ini sesuai dengan judulnya, menjelaskan perbedaan pandangan antara dua orang ayah kaya dan miskin. Ada 6 bab khusus yang menjelaskan 6 pandangan Rich Dad tentang keuangan. Menarik?

The Intelligent Investor-Benjamin Graham.

Bagi kamu yang masih galau untuk memulai investasi karena merasa kurang pandai dalam ilmu investasi atau ekonomi, maka bacalah buku ini. The Intelligent Investor tulisan Benjamin Graham menjelaskan bahwa menjadi investor tidak membutuhkan IQ yang tinggi, wawasan bisnis yang banyak, dan lain sebagainya. Graham dalam tulisannya akan membuat kamu yakin bahwa kamu harus dan bisa! Menjadi investor pemula yang kelak bakal berhasil.

Magis dalam buku ini akan mengajakmu turun bermain saham dan obligasi secara pede. Bahkan seorang Warren Buffet saja merekomendasikan buku garapan pria yang dijuluki “Father of Value Investing”.  Buku The Intelligent Investor yang terbit tahun 1949 ini membahas berbagai cara mengelola portofolio dengan pendekatan positif dan defensif.

Dalam buku ini juga dibahas mengenai filosofi yang digunakan sebagai prinsip para investor untuk melindungi resiko kehilangan uang secara cuma-cuma. Selain itu juga dijelaskan tentang pentingnya investasi jangka panjang, dan dibeberkan tentang analisa paling fundamental sebelum membeli saham.

Security Analysis-Benjamin Graham & David Dodd

Benjamin Graham juga menulis buku lainnya yang menjadi rekomendasi untuk pemula berinvestasi. Bersama David Dodd, Graham menulis buku Security Analysis. Diluncurkan pertama kali pada 1934, buku membahas teori investasi dan cara-cara terbaik dalam membuat analisa prospek dalam dunia investasi maupun pasar saham.

Buku ini bahkan disebut sebut jadi kitab suci para investor. Bahkan Warren Buffett berhasil menjadi investor Amerika Serikat terhebat lewat buku ini.

The Money Game-George Goodman

Warren Buffett sampai memuji buku The Money Game karya George Goodman, karena menurutnya buku ini sangat inspiratif dan luar biasa. Buku ini juga diklaim sebagai buku investasi saham yang dikemas dengan bahasa yang mudah dipahami.

Buku ini meluncurkan edisi pertamanya pada 1968. Goodman dalam tulisannya, menilai investasi yang ada di pasar saham ibarat sebuah permainan. Goodman mengambil contoh dari apa yang terjadi pada kondisi bursa saham di Wall Street pada tahun 1960-an. Dimana pada era 60-an, jadi dekade tersulit pada dunia saham.

Business Adventures: Twelve Classic Tales from the World of Wall StreetJohn Brooks.

Buku yang memiliki judul cukup panjang ini juga jadi buku investasi favorit dari Warren Buffett, dan pernah dikirimkan pada Bill Gates. Setelah itu Bill Gates memberi ulasan bahwa buku ini memiliki banyak manfaat untuk merintis kesuksesan. Sehingga buku ini pun akhirnya menjadi panduan bagi para miliarder.

Gates dalam ulasan menyampaikan bahwa faktor manusia sangat penting dalam sebuah bisnis. Meskipun produknya sempurna, memiliki nama, namun tetap individu yang tepat untuk menjalankan bisnisnya. Baik untuk produksi dan pemasaran yang baik, tentu dipilih seorang leader yang mumpuni.

Beating the Street-Peter Lynch

Peter Lynch namanya dikenal atas kesuksesannya dalam dunia investasi pasar saham. Beberapa orang bahkan menyebutnya lebih piawai ketimbang Warren Buffet perihal investasi. Setelah membaca buku Beating the Street, kamu bisa memahami pemikiran dan proses berpikirnya, terutama saat memutuskan waktu yang tepat untuk menjual atau membeli saham bagi investor.

Dalam bukunya Peter Lynch menceritakan pengalamannya saat menjadi manajer reksa dana. Kisahnya sangat inspiratif dan banyak sekali penjelasan berharga terkait saham-saham yang dibelinya, suka duka berinvestasi saham, dan cara memilih saham yang tepat.

Think and Grow Rich-Napoleon Hill

Buku investasi selanjutnya adalah karya Napoleon Hill yang jadi Best Seller. Buku ini sudah terjual lebih dari 100 juta eksemplar di seluruh dunia. Buku yang terbit pada 1937 ni berisi riset mendalam tentang wawasan berharga terkait kesiapan psikologis seseorang untuk mengalami kesuksesan dan kegagalan.

Terlebih di masa great depression saat itu, Napoleon Hill menyatakan bahwa keinginan, pengetahuan khusus, kepercayaan, perencanaan, serta kegigihan seseorang akan diuji. Seperti buku masakan nikmat, buku klasik ini memuat resep kesuksesan dari titik awal, hingga beberapa kisah dan pengalaman 500 orang sukses di Amerika.

Smart Trader Rich Investor – Ellen May

Buku investasi yang direkomendasikan adalah buku berjudul Smart Trader Rich Investor yang ditulis oleh Ellen May. Ellen May adalah seorang pakar yang juga bekerja sebagai praktisi di dunia pasar modal Indonesia. Buku ini terbit 2013, dan berisi tentang informasi dan pengetahuan umum tentang saham secara mendasar.

Buku ini bahasannya merinci, mulai dari yang paling sederhana seperti alasan orang harus berinvestasi. Kemudian ada juga penjelasan tentang cara beli saham yang tepat, hingga jenis saham apa yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan investor pemula.

Buku ini paling cocok bagi kamu orang Indonesia, karena penulisnya pun orang Indonesia sehingga bahasa yang digunakan pun lebih mudah dipahami oleh pembaca awam sekalipun.

Invested – Danielle Town

Terakhir, buku investasi ini berjudul Invested ini ditulis oleh Danielle Town. Danielle Town dalam bukunya menuliskan tentang panduan dari nol banget, buat kamu yang baru akan bermain saham. Penjelasannya pun memiliki dampak dan akibat karena dituliskan sesuai pengalaman pribadinya.

Danielle Town adalah investor yang belajar saham bersama ayahnya, mulai dari 0 selama 12 bulan. Buku yang rilis pada tahun 2018 juga masuk dalam jajaran buku best seller untuk kategori investasi saham.

Itulah 10 rekomendasi buku investasi yang paling dicari dan cocok untuk kamu para investor pemula. Seperti kata pepatah, buku adalah jendela dunia sehingga untuk kamu yang mau menggenggam dunia investasi, wajib rasanya memilih dan membaca buku sebagai bekal. Jangan sampai memulai investasi dengan minim bekal dan pengetahuan ya.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.