Cara Investasi Emas dengan Modal Kecil dari Berbagai Bentuk

Investasi emas menjadi salah satu instrumen investasi yang cukup stabil dan bisa untuk jangka panjang. Tidak selalu dengan modal besar, cara investasi emas dengan modal kecil bisa kita lakukan dan tetap menguntungkan. Bagaimana cara jitunya? Simak di sini. 

Cara Investasi Emas Perhiasan

Investasi emas perhiasan dikenal kurang memberikan keuntungan karena saat kita akan menjualnya kembali, biasanya akan dibebankan biaya jasa pembuatan sehingga uang yang diterima berkurang.

Meskipun begitu, ternyata ada cara investasi emas perhiasan dengan modal kecil tersebut tetapi menghasilkan cuan yang banyak. 

Saat mendapatkan penghasilan di awal bulan sebaiknya segera menyisihkan sejumlah uang di awal bulan untuk berinvestasi. 

Umpama saja kita menyisihkan uang sebesar Rp500 ribu di awal bulan untuk diinvestasikan dalam bentuk emas perhiasan.

Uang sejumlah Rp500 ribu tersebut bisa mendapatkan emas perhiasan satu sampai dua gram. Komitmen untuk terus melakukan hal tersebut setiap bulannya selama lima sampai dengan sepuluh tahun.

Dalam satu tahun kita sudah memiliki emas perhiasan seberat 12 gram sampai dengan 24 gram, tinggal dikalikan saja dalam lima sampai sepuluh tahun tersebut. 

Baru setelah lima sampai sepuluh tahun kita bisa menjualnya kembali. Ini jadi cara menabung emas di rumah yang bisa menghasilkan cuan cukup menggiurkan.

Investasi Emas Batangan

Emas batangan saat ini masih tren cuannya juga cukup menjanjikan. Menggunakan logam mulia juga bisa menjadi cara investasi emas pemula karena bisa mencicilnya dari jumlah yang kecil, misalnya 5 gram atau 1 gram.

Emas batangan merupakan jenis investasi yang sebenarnya karena benar-benar disimpan untuk tujuan investasi. 

Selain itu, kadar emas batangan ialah murni 24 karat dan tanpa campuran perak atau logam. Penjualannya pun lebih menguntungkan daripada emas perhiasan karena ditentukan oleh potongan atau pay back.

Potongan untuk emas perhiasan menggunakan persentase, sedangkan emas batangan ditentukan secara fix. 

Misalnya, untuk 1 gram emas potongannya Rp 15.000 ribu. Cara investasi emas agar untung untuk emas batangan juga sama dengan emas perhiasan. Beli ketika harga turun dan jual ketika harga naik. 

Investasi Emas Antam

Emas antam merupakan emas batangan atau logam mulia yang dikeluarkan oleh perusahaan Antam. Memiliki kadar emas 24 karat (99,99%) dan memiliki sertifikat internasional. 

Cara mendapatkan emas antam juga sangat mudah, bisa membeli di toko emas langsung, melalui Pegadaian, atau secara online. Bahkan bisa juga mendapatkannya di Kantor Pos atau marketplace.

Investasi emas antam juga sangat menguntungkan karena memiliki harga yang kenaikannya cukup stabil. Kita bisa mendapatkan cuan besar ketika menempatkan investasi antam untuk jangka panjang. 

Meskipun lebih banyak menguntungkan, ada juga kerugian investasi emas antam, khususnya untuk daerah kecil. Hal ini karena antam lebih banyak tersedia di kota besar, seperti Butik Emas Antam atau toko emas yang menyediakan antam. 

Investasi Emas di Pegadaian

Pegadaian memberikan fitur dan layanan investasi emas yang sangat memudahkan nasabahnya. Cara investasi emas di Pegadaian untuk mendapatkan cuan bisa mengikuti layanan yang ditawarkannya dan ini juga sangat efektif. 

Pembelian tunai bisa kita lakukan tanpa mendatangi gerai antam yang antreannya cukup panjang. Bahkan Pegadaian menyediakan berbagai jenis emas, seperti Antam, UBS, Gerai24, dan lainnya. 

Ada program menarik di Pegadaian, yaitu cicil emas. Kita bisa memilih jenis emas yang ingin kita beli lalu pilih jangka waktu cicilnya, bisa dari 3, 6, 12, 16, 24, atau 36 bulan. Bisa loh untuk kamu yang ingin menabung secara konsisten tiap gajian tiba. 

Investasi Emas Online

Saat sudah sudah bisa kita lakukan untuk membeli emas online, bisa melalui e-wallet ataupun marketplace. Cara investasi emas online tidak berbeda dengan lainnya, hanya saja ada tips yang bisa kamu lakukan agar modal kecil tapi cuan besar.

Kamu bisa menggunakan cara seperti trading, yaitu dengan membeli emas secara rutin, tetapi ketika harga turun beli lebih banyak, misalnya dua kali lipat. 

Ketika harga naik, kita bisa jual semua emas tersebut. Kita akan mendapatkan margin dari keuntungan jual beli tersebut. 

Di mana kita bisa bermain seperti itu? Bisa menggunakan marketplace atau e-wallet seperti dana. Cara investasi emas di Dana, OVO, atau Gopay juga bisa kamu atur seperti cara investasi di Pegadaian atau secara online lainnya. 

Jangan khawatir ingin investasi emas karena dengan modal kecil pun kamu bisa mendapatkan cuan yang besar. Emas juga menjadi instrumen investasi yang sangat kuat terhadap inflasi, sehingga bagus untuk jangka panjang. 

Salah satu cara investasi dengan modal kecil, yaitu dengan memanfaatkan marketplace atau e-wallet. 

Sekarang sudah banyak yang memberikan program investasi emas, bahkan bisa dimulai dari Rp500 rupiah. Cocok sekali untuk para pemula atau pelajar yang ingin mulai belajar investasi sejak dini.

Leave a Comment

Copyright © 2022. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.