Data Aussie dan Berita Perdagangan Membantu AUDUSD Naik

Beberapa saat yang lalu, National Australia Bank atau NAB merilis data mengenai sentimen di negara tersebut untuk Januari 2021. Data itu dilaporkan dengan keyakinan bisnis yang mengalami kenaikan sangat baik ke 10. Data ini jauh lebih tinggi dari harapan awal pada 8 dan laporan sebelumnya yang di zona negatif -4. Pasca data ini, AUDUSD hari ini mampu mencetak kenaikan ringan 0,08% menuju ke nilai tukar 0,7715.

Sayangnya aksi kenaikan Dolar Australia masih dibatasi oleh data mengenai kondisi bisnis yang turun. Data dilaporkan mengalami penurunan sampai ke 7 dari harapan awal pada 11 dan laporan bulan sebelumnya di 14.

Perbaikan Perdagangan Global

Terlepas dari data ekonomi Australia tersebut, AUDUSD hari ini juga menerima dukungan dari suasana risiko yang gembira. Pasalnya wakil Australia di AS mengatakan ingin ada kesepakatan trans atlantik. Ini membuat hubungan AS dan Aussie bisa semakin akrab menyusul upaya perbaikan kondisi dari Inggris dan Uni Eropa yang sempat panas.

Dari masalah lain, peluang dana stimulus yang semakin kuat juga telah menghidupkan minat pasar terhadap aset berisiko dan membantu AUDUSD hari ini naik. Senat Demokrat akan maju sendiri untuk bisa merealisasikan rencana stimulus dari Presiden Biden.

Meski risk on cukup baik, kenaikan AUDUSD akan ditantang oleh berita geopolitik yang panas. China menangkap penyiar TV asal Australia. Ini bisa membuat dua negara yang menjadi rekan dagang kembali memanas. Kemudian hubungan antara AS dan Iran juga dilaporkan kembali meningkat.

Nada risiko masih mungkin dalam optimisme karena pasar saham menggambarkan risk on yang panjang. Nikkei 225 naik bersama dengan kontrak berjangka S&P 500 beberapa jam terakhir. Pasar akan mulai memperhatikan dinamika sentimen risiko di tengah minimnya katalis penggerak.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.