Data China Membawa NZDUSD Terbang, Beberapa Beban Risiko Berpeluang Menghambat

Pasangan mata uang NZDUSD hari ini terus mencetak kenaikan menuju ke nilai tukar 0,7234 saat sesi Asia hari Kamis (31/12). Dukungan utama yang membawa Dolar New Zealand naik adalah rilis data aktivitas resmi dari China. Selain itu pelemahan Dolar AS sejak sesi awal Asia tadi pagi juga berkontribusi membawa NZDUSD jadi lebih tinggi.

Sebelumnya, China merilis data mengenai IMP manufaktur resmi dengan hasil kenaikan hanya di 51,9. Data itu lebih rendah dari prediksi awal yang berada di 52,0 dan laporan sebelumnya di 52,4. Namun optimisme datang ketika data IMP bukan manufaktur lebih tinggi dari harapan 52,4 menuju ke 55,7. Meskipun data itu sebenarnya lebih rendah dari sebelumnya di 56,4. Tapi Dolar New Zealand tampak lebih merespon data positif tersebut.

Selain data China, NZDUSD hari ini yang naik juga didukung oleh pelemahan Dolar AS terhadap sebagian besar mata uang global. Dolar AS terbebani ketika ada tantangan pada pengesahan dana bantuan $2.000 setiap orang. Namun optimisme vaksin virus Corona akan tetap menjaga nada positif lebih panjang.

Beban Risiko Masih Ada

Bersama dengan kenaikan NZDUSD hari ini, kontrak berjangka S&P 500 juga bergerak positif. Walaupun dua saham seperti ASX 200 dan NZX 50 mengalami penurunan yang cukup dalam. Beberapa masalah mungkin melatarbelakangi penurunan saham-saham tersebut.

Beban tersebut mungkin datang ketika adanya pembaruan berita geopolitik yang memanas. Geopolitik kembali mengkhawatirkan ketika AS mengirimkan bom ke Timur Tengah dan Selat Taiwan. Hal ini bisa memancing nada pembelian pada aset-aset safe haven.

Namun untuk arah NZDUSD selanjutnya, pasar akan fokus ke beberapa berita utama. Berita itu seperti pembaruan virus Corona. Selain itu kabar terbaru mengenai usaha Kongres AS meloloskan cek $2.000 akan terus dipantau.

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.