Data China Optimis Membantu NZDUSD Naik, Menunggu Katalis Utama Selanjutnya

Beberapa saat sebelumnya, China merilis data ekonomi mengenai IMP sektor manufaktur swasta Caixin. Data itu dilaporkan dengan hasil yang menggembirakan dan membantu mata uang rekan dagangnya seperti Dolar Australia dan Dolar New Zealand mencatatkan penguatan. NZDUSD hari ini mengalami kenaikan menuju ke titik yang lebih tinggi lagi di sekitar 0,7120. Kemudian Dolar AS yang melemah secara luas juga dimanfaatkan sepenuhnya oleh Kiwi.

Data IMP manufaktur swasta itu mengalami kenaikan menuju ke 54,9 lebih tinggi dari laporan sebelumnya yang berada di 53,6 dan prediksi awal 53,5. Kemarin data IMP manufaktur pemerintah China juga naik menuju 52,1 dari prediksi awal 51,5 dan laporan sebelumnya di 51,4.

Memanfaatkan Pelemahan Dolar AS

Kondisi semakin meyakinkan ketika Dolar AS terus mengalami pelemahan dan membantu NZDUSD hari ini melonjak ke puncak 2,5 tahun yang lalu. Para penjual Dolar AS selanjutnya akan menunggu acara kesaksian dari Fed Powell dan Menkeu Mnuchin hari ini. Mereka mungkin akan memberikan pidato mengenai pemulihan ekonomi dan harapan stimulus yang sudah ditunggu banyak pihak.

Dolar AS mengalami pelemahan bersama dengan naiknya optimisme global pada vaksin virus Corona. Kehadiran vaksin itu diharapkan akan membantu ekonomi global mencatatkan pemulihan yang lebih baik lagi. Meski masih banyak negara yang melaporkan lonjakan kasus signifikan dan bisa saja memicu aksi kekhawatiran.

Bersama dengan momentum NZDUSD hari ini yang melonjak, justru saham NZX 50 mengalami penjualan ringan. Sementara itu aset berisiko lain seperti S&P 500 mengalami kenaikan bersama saham Asia. Pergerakan selanjutnya akan menunggu beberapa katalis utama seperti petunjuk pertemuan kebijakan moneter RBA, kesaksian dari The Fed Powell dan juga IMP awal dari Amerika Serikat. Dinamika sentimen risiko juga akan diperhatikan.

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.