Dolar AS Tumbang Melawan Yen Jepang Karena Politik AS Penuh Ketidakpastian

Ketika harus melawan mata uang Yen Jepang, Dolar AS melemah membawa pasangan USDJPY terjun ke titik paling rendah dalam sesi. Untuk sesi pertengahan Asia hari Rabu ini (21/10) pasangan masih datar bergerak di sekitar 105,39. Bagaimanapun juga bias bearish masih cukup mendominasi pergerakan pasangan karena Dolar AS yang melemah secara luas.

Beban Campuran Dolar AS

Salah satu katalis penggerak Dolar AS adalah masalah stimulus ekonomi AS yang terus penuh ketidakpastian sampai saat ini. Walaupun sebenarnya Ketua DPR AS yaitu Nancy Pelosi memberikan komentar yang sangat baik dan sempat mengangkat sentimen risiko. Sayangnya banyak para pelaku pasar dan investor yang mengabaikan itu semua dan menyebakan Dolar AS melemah melawan safe haven Yen Jepang.

Pasalnya meski ada komentar positif, RUU yang sudah disahkan DPR masih harus melewati Senat AS. McConnell mengatakan akan mulai mempertimbangkan RUU stimulus yang sudah disetujui oleh DPR AS tersebut. Namun dia mengatakan menentang apa yang disampaikan Trump bahwa stimulus hadir sebelum pemilihan Presiden AS awal November mendatang.

Senator dari Republik yaitu Thune mengatakan akan ada kesulitan agar bisa mencapai target dukungan stimulus $1,8 Triliun. Selain itu staf pemerintah AS yaitu Mike Meadows juga mengatakan bahwa perjalanan ini masih cukup panjang. Mungkin tekanan yang memaksa Dolar AS melemah juga datang dari masalah pandemi di dunia yang terus naik. Sehingga permintaan safe haven Yen Jepang lebih unggul.

Ahli analisa dari ANZ Bank mengatakan adanya lonjakan kasus pandemi gelombang kedua membuat pemerintah global akan bertindak, terutama untuk kawasan Eropa. Sementara itu di AS pandmei masih akan signifikan menjelang acara utama pemilihan Presiden AS. Selain itu kawasan Inggris juga mencatatkan jumlah pandemi yang terus meningkat dan membuka peluang pelonggaran kebijakan dan memancing nada pembelian Yen Jepang.

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.