EURJPY Dalam Proyeksi Penurunan Tajam Karena Negara Di Eropa Memberlakukan Pembatasan Aktivitas

Saat ini mata uang Euro melemah dan sangat terpukul melawan beberapa mata uang utama global lainnya termasuk Yen Jepang. Salah satu penyebabnya adalah kondisi pandemi virus Corona di kawasan Eropa yang terus memburuk dan belum ada tanda-tanda perbaikan sama sekali. Gelombang kedua diklaim bahkan lebih buruk dan tinggi dibandingkan gelombang pertama.

Banyak ahli yang memprediksi bahwa saat ini ekonomi kawasan Eropa berada pada risiko terjadi resesi ekonomi double dip. Melihat risiko perekonomian ini, mata uang Euro melemah dan membawa EURJPY masih dalam proyeksi penurunan yang dalam.

Italia Memberlakukan Lockdown Parsial

Dilansir dari Bloomberg, saat ini Italia memberikan persetujuan untuk memberlakukan batasan aktivitas warganya. Meskipun semua aktivitas bisnis masih diperbolehkan buka, namun diberlakukan batas jam operasional untuk menekan persebaran pandemi. Pemerintah juga meminta warganya agar tidak bepergian jika tidak darurat.

Tapi berdasarkan laporan terbaru ada langkah yang lebih keras diberlakukan sejak terakhir kalinya pada Mei kemarin. Pemerintah mulai hari Senin ini akan memberlakukan lockdown sampai dengan sepekan terakhir bulan November. Dari tempat lain, Spanyol juga memberi persetujuan untuk pembatasan jam aktivitas bisnis.

Dengan adanya langkah-langkah pemerintah untuk membatasi aktivitas, membuat ekonomi terancam jatuh lebih dalam lagi. Mengingat ekonomi kawasan Eropa pulih dengan tingkat kerapuhan yang tinggi. Hal ini juga bisa memaksa bank sentral Eropa untuk bertindak lebih longgar lagi untuk membantu ekonomi. Jika itu dilakukan tentunya akan membawa Euro melemah ekstrim.

Sisi EURJPY sendiri tetap dalam penurunan meskipun ada harapan pemangkasan proyeksi dari BoJ beberapa waktu ini. BoJ diprediksi akan memangkas harapan inflasi dan pertumbuhan ekonomi pada pertemuan pekan ini. Tentunya apa saja yang disampaikan pada pertemuan itu bisa menjadi katalis penggerak bagi EURJPY selanjutnya.

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.