Euro Berpeluang Melemah Melawan Dolar AS Jika IMP Jerman dan Blok Eropa Turun

EURUSD hari ini sepertinya terus bertahan pada nilai tukar yang rendah lebih panjang lagi. Menjelang pembukaan pasar Eropa hari Jumat (19/2) Euro harus menghadapi nada penjualan terhadap Dolar AS. kemudian kondisi semakin berat ketika pasar saham terus dihantui risk off yang membuatnya merah membara. Ini membuat EURUSD gagal naik di atas nilai tukar 1,21.

Fokus Ke Data

Pergerakan EURUSD hari ini mungkin akan lebih memperhatikan beberapa rilis data ekonomi nanti sore. Pertama ada Jerman yang akan merilis data mengenai indeks manajer pembelian Februari. Data itu diprediksi akan turun menuju 56,5 dari laporan bulan Januari pada 57,1. Laju data pada zona ekspansi terlihat mengalami perlambatan yang cukup meski tidak begitu besar.

Kemudian setelah data Jerman, blok Eropa juga akan merilis data indeks manajer pembelian. Data per Februari itu diprediksi akan anjlok tipis ke 54,4 lebih rendah dari laporan sebelumnya pada 54,8. Ekonomi kawasan Eropa tampak sangat terpukul dengan kebijakan lockdown yang lebih lama lagi. Sehingga jika memang data dua IMP itu memang mengecewakan, bisa mengirim Euro melemah tajam dan membawa EURUSD hari ini terjun.

Sebagian besar sampai menjelang pasar Eropa, pasangan masih bertahan di sekitar nilai tukar 1,2085. Sebelumnya pasangan telah menghadapi aksi penjualan ketika berada di sekitar nilai tukar 1,2098. Penurunan di sekitar pasar saham sepertinya juga akan membuat Euro jatuh lebih dalam lagi.

Tapi ada beberapa optimisme yang bisa mendukung Euro yaitu seperti masalah dana stimulus ekonomi AS. Meski pembaruan berita itu telah memaksa pasar untuk bersikap sangat berhati-hati. Sementara itu nanti malam AS akan merilis data mengenai klaim pengangguran awal dalam sepekan terakhir. Data ini akan digunakan untuk mengukur tenaga kerja AS.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.