Euro Hari Ini Turun Senada Dengan Mata Uang Global Lain Karena Dolar AS Menguat

Mata uang Euro hari ini sepertinya sedang senada dengan sebagian besar mata uang berisiko global lainnya yang sedang melemah. EURUSD mencatatkan penurunan yang cukup dalam sejak sesi Asia tadi pagi. Penurunan ini beriringan dengan aksi penjualan emas yang sangat signifikan.

Untuk saat ini, pasangan EURUSD bergerak di sekitar nilai tukar 1,2021 yang juga bertepatan dengan support SMA 100 dalam skala harian. Sebelumnya memang katalis teknis ini telah berlaku sebagai titik support yang sangat kuat sejak awal bulan Februari. Bahkan ketika sampai pada support tersebut, pasangan mengalami kenaikan nilai tukar ke 1,22. Sehingga respon Euro hari ini ketika berada di SMA 100 dalam skala harian akan sangat diperhatikan untuk petunjuk berikutnya.

Emas Turun Tajam

Aksi penurunan EURUSD hari ini terjadi bersamaan dengan penurunan pada harga emas global yang berada di 1.713 per ons. Ini menjadi titik yang paling rendah sejak terakhir kalinya terlihat pada Juni tahun lalu. Dengan penurunan ini juga, emas telah kehilangan 0,64%.

Bahkan jika diamati sejak pergerakan pada 23 Februari lalu, harga emas telah mencatatkan penurunan sampai $100. Karena saat itu berada di 1.816 per ons dan sekarang tepat di 1.713. penurunan harga emas senada dengan pelemahan Euro hari ini.

Sehingga bisa dikatakan semua pergerakan ini adalah dampak dari dominasi Dolar AS yang cukup kuat. Salah satu katalis data yang membantu Dolar AS adalah laporan mengenai IMP manufaktur ISM yang mengesankan. Menjadi sebuah gambaran bahwa ekonomi berusaha pulih lebih cepat.

Untuk hara berikutnya pasangan EURUSD mungkin akan lebih fokus ke laporan data inflasi konsumen Euro. Jika data memang sangat suram maka telah mengkonfirmasi bias negatif yang disampaikan oleh ECB beberapa waktu sebelumnya.

Leave a Comment

Copyright © 2022. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.