EURUSD Bearish Karena Risk Off, Menunggu KTT Uni Eropa dan ECB

Pasangan EURUSD pada hari Rabu kemarin sempat mengalami penurunan yang cukup dalam dan mengakhiri bias bullish empat hari terakhir. Salah satu faktor yang memaksa pasangan anjlok adalah penurunan saham AS yang terjadi tadi malam. Kemudian aksi Dolar AS yang cenderung stabil membatasi EURUSD hari ini agar tidak jatuh lebih dalam.

Sementara itu fokus pergerakan di hari Kamis (19/11) akan tertuju pada Konferensi Tingkat Tinggi Uni Eropa. Para pemimpin yang berada di kawasan itu akan membahas masalah pemulihan ekonomi di tengah pandmei yang terus memburuk. Menjelang acara utama, EURUSD hari ini bergerak di sekitar 1,1847 tertolak dari puncak sebelumnya yang berada di 1,19.

Kesepakatan Anggaran Menjadi Kunci

Kawasan Eropa menghadapi ancaman perlambatan yang lebih buruk ketika terjadi gelombang kedua pandmei yang sangat besar sekali. Bahkan data mengenai inflasi konsumen dilaporkan mengalami penurunan yang cukup besar. Data itu sudah cukup menghidupkan kekhawatiran bank sentral terhadap ekonomi kawasan Eropa. Tentunta ECB akan kembali memberikan kejutan kebijakan yang sangat dovish untuk membantu ekonomi Eropa.

Dilansir dari Reuters, Perancis mengatakan para pimpinan bisa menekan dana pasca Corona. Kemudian juga anggaran tanpa Hongaria dan Polandia jika memang kedua negara itu terus menolak adopsi anggaran dalam jangka panjang.

Jika memang ada kesepakatan anggaran dari para pimpinan, maka akan membantu ECB untuk melepaskan beberapa tekanan. Sehingga pada akhirnya mampu mendorong ekspektasi inflasi agar lebih tinggi dan berdampak naiknya permintaan mata uang Euro.

Kemudian pergerakan EURUSD hari ini akan fokus pada KTT dan pidato dari ECB Lagarde. Dinamika sentimen risiko juga akan sangat diperhatikan karena bagaimanapun akan mampu menjadi penggerak EURUSD selanjutnya. Meskipun Dolar AS masih stabil dan menunggu dorongan selanjutnya.

 

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.