EURUSD Bertahan Di Atas Mengabaikan Penurunan Saham, Fokus Ke IMP Eropa

Pasangan mata uang EURUSD hari ini tampak mampu bertahan dan stabil menjelang pembukaan pasar kawasan Eropa hari Jumat (22/1). Euro mampu menolak nada penurunan yang terpantau di sekitar pasar saham sejak sesi awal Asia tadi pagi. Untuk arah pergerakan berikutnya, para pelaku pasar dan investor di sekitar mata uang Euro akan fokus ke rilis data utama kawasan Euro. Data dari manufaktur akan diukur untuk menentukan kondisi perekonomian.

Sementara itu EURUSD hari ini stabil di sekitar nilai tukar 1,2175 atau mewakili bias kenaikan 0,12%. Mata uang Dolar AS tampak terus berusaha menarik perhatian para pembeli sejak sesi Eropa. Peluang kenaikan Dolar AS itu bisa dilihat dari pergerakan saham-saham global beberapa waktu terakhir. Pada indeks S&P 500 harus rela mengalami penurunan yang mencapai 0,37%. Tentu di lain sisi ini akan membantu dana berpindah ke safe haven termasuk Dolar AS.

Nada optimisme pasar sebenarnya masih tetap ada yaitu mengenai peluang peluncuran dana bantuan fiskal dari pemerintah AS. Ini bisa saja akan menghambat upaya mata uang Dolar AS untuk mendominasi pergerakan beberapa waktu kedepan.

Fokus IMP Jerman

Di sesi Eropa, Jerman akan merilis data mengenai indeks manajer pembelian sektor manufaktur. Data itu diharapkan akan mencatatkan hasil tetap bertahan di kawasan ekspansi yaitu di atas 50,0. Walaupun risiko perlambatan tetap ada setelah diberlakukan lockdown akibat pandemi.

Kemudian EURUSD hari ini juga akan fokus ke data mengenai IMP kawasan Euro yang juga akan memberikan proyeksi yang sama. Dari sisi Dolar AS, nanti malam dini hari, Joe Biden sebagai Presiden baru AS akan memberikan pidatonya. Tentu ini akan sangat ditunggu pasar karena ada kaitannya dengan peluncuran dana bantuan ekstra besar. 

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.