EURUSD Bertahan Di Support Utama, Pidato ECB Menjadi Kunci Arah Selanjutnya

Setelah mengalami penurunan yang besar selama tiga hari tanpa jeda di hari Rabu kemarin, EURUSD hari ini tampak sedikit menghela nafas di atas support utama. Tapi banyak yang melihat kekuatan support itu tidak bisa bertahan lebih dalam lagi. Karena saat sesi pertengahan Eropa nanti malam, banyak spekulasi yang mengatakan bank sentral Eropa akan berpidato dengan nada yang dovish.

Dari pergerakan teknis, pasangan berada di sekitar nilai tukar 1,1750 yang menjadi support garis trend dari terendah 25 September sampai 15 Oktober. Jika pasangan mampu melewati batas support garis trendline tersebut maka penurunan bisa menjadi lebih dalam lagi.

Prediksi ECB Dovish

Banyak yang melihat EURUSD hari ini akan menembus level support tersebut jika melihat katalis kedepannya. Ketika terjadi lonjakan kasus virus Corona di kawasan Eropa yang sangat buruk, tentunya ini akan memaksa ECB bertindak lebih luas lagi. ECB menerima banyak tekanan karena lonjakan kasus memaksa pemerintah melakukan lockdown dan menghancurkan kembali perekonomian.

Dua negara ekonomi utama kawasan Eropa sudah memberlakukan lockdown yaitu Jerman dan Perancis. Meski langkah yang diberlakukan terlihat tidak separah langkah bulan Maret lalu, tapi itu akan tetap berdampak pada perekonomian. Ahli analisa dari Deutsche Bank mengatakan itu semua cukup membawa PDB menuju ke kontraksi pada laporan Q4 2020 ini dan diperburuk inflasi di zona negatif.

Sehingga dari semua ini mata uang EURUSD hari ini berpeluang terjun lebih dalam. Karena tentunta ECB tidak akan diam melihat kondisi ekonomi terus jatuh akibat serangan kedua pandemi virus Corona. Namun EURUSD bisa bertahan atau bahkan naik jika ECB tidak bertindak apapun atau menundanya. Data PDB dari AS nanti malam juga akan ditunggu untuk arah EURUSD selanjutnya.

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.