EURUSD Bullish Meski Masih Banyak Masalah Membebani

Akhirnya pasangan mata uang EURUSD hari ini bergerak dengan positif menjelang pembukaan pasar Eropa Kamis (10/12). Sebelumnya mata uang Euro sangat kesulitan untuk unggul di atas Dolar AS. Walaupun posisi greenback juga tidak terlalu menguntungkan. Saat ini pasangan bergerak di atas nilai tukar 1,2100 mendekati acara utama pertemuan kebijakan dari bank sentral Eropa.

Katalis Euro Hari Ini

Namun meskipun EURUSD hari ini mencetak kenaikan, para pelaku pasar dan investor tetap menaruh kekhawatiran pada kesepakatan Brexit yang gagal. Meskipun pimpinan kedua pihak sudah memutuskan akan kembali menyelenggarakan negosiasi sampai akhir pekan ini. Sehingga mulai hari ini sampai dengan Minggu, akan ada banyak berita spekulatif yang bisa menjadi penggerak pasar keuangan global.

Dari sisi Eropa, mata uang Euro berat untuk naik lebih tinggi ketika pasar melepaskan harapan dana stimulus Uni Eropa. Pasalnya Polandia dan Hongaria telah mencabut hak vetonya atas paket stimulus. Imbalannya adalah penundaan proses sanksi yang efeknya bisa membatasi akses mereka ke paket stimulus tersebut.

Walaupun Euro terbebani masalah Brexit, posisi Dolar AS masih defensif dan membuat EURUSD hari ini tetap bergerak optimis. Kemarin Anggota Parlemen AS mampu mengesahkan RUU mengenai Pendanaan Stop-Gap. Beban lain yang ditanggung Dolar AS adalah kemungkinan pemberian izin kepada Pfizer mengenai vaksinnya oleh FDA AS juga semakin besar.

Sementara itu untuk katalis yang terdekat, EURUSD hari ini akan menunggu rilis kebijakan ekonomi terbaru dari ECB. Tapi para pelaku pasar dan investor sudah mengantisipasi mengenai kebijakan program stimulus dari ECB. Fokus justru akan tertuju pada pernyataan kebijakan yang akan disampaikan oleh Presiden ECB Lagarde. Karena itu bisa menjadi petunjuk bagaimana arah kebijakan ekonomi kawasan Eropa kedepannya.

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.