EURUSD Korektif Lebih Rendah Karena Yield Treasury AS Naik Mendukung Pemulihan Dolar AS

Di sesi Asia hari Jumat (8/1) EURUSD turun menuju ke level harga yang lebih rendah. Penurunan ini dikatakan telah mampu memenuhi ekspektasi dari para ahli analisa sebelumnya. Namun penurunan masih bersifat korektif dan akan terbatas. Saat ini Euro berhasil bertahan di sekitar nilai tukar 1,2235 di tengah dominasi Dolar AS sepanjang sesi Asia.

Sementara itu beberapa jam sebelumnya pasangan sempat berada di puncak paling tinggi di sekitar 1,2272. Para penjual mata uang Dolar AS sepertinya sudah kelelahan dan berusaha mengalami pembalikan. Selama dua bulan terakhir, memang indeks Dolar AS terus dikuasai nada penjualan yang kuat tanpa ada jeda.

Yield Treasury AS Naik

Untuk EURUSD turun saat ini tampaknya lebih disponsori oleh lonjakan pada imbal hasil obligasi Treasury AS. kenaikan yield Treasury itu membuat banyak orang yang mencari Dolar AS untuk investasi di Amerika Serikat. Secara otomatis dengan penguatan Dolar AS ini juga para pembeli mata uang Euro telah melakukan aksi profit taking.

Salah satu penyebab pelemahan Dolar AS selama dua bulan ini adalah dinamika dana stimulus AS yang belum pasti. Namun beberapa pembaruan berita telah membuat ekspektasi dana stimulus menjadi lebih kuat. Apalagi ketika Joe Biden akan dilantik pada 20 Januari dan Demokrat yang menguasai senat AS.

Untuk penantang EURUSD turun selanjutnya akan datang dari pembaruan data ekonomi AS nanti malam. AS akan merilis data mengenai non-farm payroll. Sambil menunggu data tersebut, tentu biasanya para pelaku pasar dan investor akan memilih masuk ke mode hati-hati.

Pembaruan arah sentimen risiko global mungkin juga bisa menjadi katalis penggerak EURUSD selanjutnya sebelum data utama tersebut disampaikan ke pasar. Hubungan AS dan China yang panas juga bisa membuka peluang dalam jangka pendek.

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.