EURUSD Mampu Stabil Menantikan Keputusan ECB

Pada hari Kamis ini (11/3) dijadwalkan bank sental Eropa akan melangsungkan pertemuan kebijakan moneternya. Mengingat jadwal ini, para pelaku pasar dan investor terpantau bersikap sangat berhati-hati. Hal ini terlihat ketika pasangan EURUSD hari ini masih stabil di sekitar nilai tukar 1,1932. Nilai tukar ini juga tepat dengan level Fibonacci Retracement 23,6% yang menghubungkan puncak 25 Feb sampai lembah 9 Maret.

Fokus Ke ECB

Bagaimanapun juga aksi konsolidasi yang terjadi pada EURUSD hari ini bisa disimpulkan menjadi sikap hati-hati. Setelah keputusan ECB, pasangan diprediksi akan bergerak sangat signifikan. Pasar memprediksi ECB tidak mengubah suku bunga dan program pembelian masa pandemi. Tapi pasar akan lebih memperhatikan pidato ECB di tengah harapan inflasi terbaru dan gejolak imbal hasil yang terus terjadi.

Namun beberapa ahli analisa diberitakan Reuters melihat ECB akan meningkatkan pembelian aset untuk menahan kenaikan imbal hasil. Sementara itu beberapa pihak justru memandang ECB tidak akan mengambil langkah tersebut. Tapi akan melakukan intervensi verbal yang kuat dan mempengaruhi pasar.

Jika memang bank sentral tidak bertindak sesuai harapan, maka akan membawa imbal hasil menjadi lebih tinggi lagi. Kenaikan imbal hasil juga akan merugikan bagi pasar ekuitas dan juga bisa menyeret EURUSD hari ini turun lebih dalam lagi.

Selain akan sangat memperhatikan langkah kebijakan terbaru ECB, para pelaku pasar dan investor juga akan fokus ke Amerika Serikat. Karena nanti malam akan ada rilis data ekonomi mengenai klaim pengangguran dalam sepekan. Lalu nanti malam Presiden AS yaitu Joe Biden juga akan menyampaikan pidatonya terkait pengesahan dana stimulus. Pidato itu juga bisa menjadi katalis karena diprediksi akan ada ungkapan terbaru pada masalah konflik AS dan China.

Leave a Comment

Copyright © 2022. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.