EURUSD Menembus Teknis Fibonacci Retracement 38,2%, Meski Ada Kekhawatiran di Eropa

Menjelang pembukaan pasar Eropa di hari Rabu (10/2), pasangan mata uang EURUSD hari ini terpantau berhasil naik lebih tinggi. Bahkan Euro bullish melewati level resistance teknis yang penting. Pelemahan mata uang Dolar AS dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku pasar dan investor. Walaupun pemulihan ekonomi kawasan Eropa sendiri cukup mengkhawatirkan akibat vaksinasi yang dinilai lambat.

Pada pergerakan hari Selasa kemarin, EURUSD berhasil menutup diri tepat di atas nilai tukar 1,2104. Ini juga menandai level yang lebih tinggi dari Fibonacci Retracement 38,2%. Sehingga kenaikan yang lebih tinggi sepertinya terbuka sangat lebar. Sementara itu EURUSD hari ini masih bergerak di sekitar nilai tukar 1,2127 yang menjadi titik paling tinggi sejak awal Februari kemarin.

Beberapa Kekhawatiran di Eropa

Dilansir dari TD Securities, perlombaan vaksin dan juga mulainya tarif dasar mobilitas membuat Dolar AS mendapatkan keuntungan. Terutama selama kurun waktu beberapa bulan berikutnya. Euler Hermes, kelompok asuransi menilai vaksinasi skala harian di negara kawasan Eropa sangat rendah hanya 0,12% dari tingkat populasi. Bahkan itu lebih rendah empat kali dibandingkan Inggris.

Saat ini ekonomi kawasan Eropa juga dikhawatirkan terganggu ketika masih ada diskusi masalah penyaluran dana talangan bersama 750 Miliar Euro. Walaupun ada beberapa beban ini, EURUSD hari ini tetap mampu bergerak lebih tinggi. Bahkan candlestick tidak memiliki ekor yang menandakan sentimen bullish cukup kuat.

Pasar tampak melakukan penjualan pada Dolar AS setelah optimisme dana virus Corona AS terus berkembang positif. Untuk arah berikutnya, pasar akan sangat memperhatikan arah sentimen risiko. Karena jika pasar saham turun karena risk off, Euro bisa mengalami penurunan tajam di saat Dolar AS safe haven dalam mode pembelian. Data AS nanti lama mengenai inflasi konsumen juga akan menjadi perhatian.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.