EURUSD Mulai Naik Karena Optimisme Vaksinasi Blok Eropa

Menjelang pembukaan pasar kawasan Eropa di hari Selasa (20/4), pasangan EURUSD hari ini terpantau berhasil mencatatkan kenaikan. Aksi penguatan dari mata uang Euro ini telah membantu pasangan terbang menuju nilai tukar 1,2100. Salah satu katalis yang membantu kenaikan adalah posisi Dolar AS yang lebih rendah. Di lain sisi akhirnya ada berita positif mengenai vaksin di blok Eropa.

Mengenai aksi Dolar AS, memang sejak kemarin tampak berkonsolidasi tanpa arah yang jelas. Sementara itu hari ini Dolar AS terlihat mengalami pelemahan dan memperpanjang bias bearish yang dibangunnya. Kemungkinan beban utama yang diterima Dolar AS ini datang ketika risk on pasar keuangan global cukup mendominasi. Pada akhirnya ini juga membantu EURUSD hari ini untuk naik karena pembelian Euro meningkat.

Indeks Dolar AS baru-baru ini turun menuju ke terendah 7 pekan pada 90,88 atau mewakili penurunan 0,18%. Kenaikan yang terjadi di sekitar imbal hasil obligasi Treasury AS juga telah gagal membantu Dolar AS untuk membalikkan keadaan. Optimisme bagaimanapun juga telah memberikan keuntungan besar bagi aset berisiko Euro.

Pembaruan Positif Corona Eropa

Setelah dilanda gelombang ketiga pandemi, akhirnya ada berita positif dari blok Eropa. Karena program vaksinasi mulai bisa berjalan dengan jumlah yang terus ditingkatkan. Ini membantu pemulihan harapan kebangkitan ekonomi blok Eropa.

Dalam laporan terbaru, Uni Eropa akan mendapat dosis tambahan sampai 50 juta vaksin dari Pfizer. Kemudian untuk permasalahan vaksin dari J&J diklaim bisa segera diatasi. Ini membuat pasar merasa cukup optimis dengan ekonomi Eropa. Apalagi imbal hasil obligasi Treasury Jerman juga naik dan membantu mata uang Euro unggul dari EURUSD. Berikutnya EURUSD hari ini akan memperhatikan kebijakan moneter terbaru dari ECB dan dinamika sentimen risiko.

Leave a Comment

Copyright © 2023. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.