EURUSD Naik Menghapuskan Penurunan Karena Risk On Kembali, Menunggu IHK Eropa

Pasangan mata uang EURUSD hari ini mampu mencatatkan kenaikan dan telah menutup beberapa penurunan yang terjadi saat sesi Asia tadi pagi. Di hari Rabu ini (18/11) pasangan EURUSD mampu bangkit setelah adanya permintaan aset berisiko yang meningkat. Walaupun sebenarnya sentimen risk on masih berpeluang menghadapi beberapa kekhawatiran seperti peluang kebijakan lockdown di beberapa negara utama global.

Namun pada akhirnya EURUSD hari ini mapu mencatatkan kenaikan menuju ke 1,1868 bangkit dari terendah sebelumnya yang berada di 1,1850. Salah satu penyebab pelemahan mata uang Euro saat sesi Asia tadi pagi adalah arah risiko yang cenderung risk off. Pasar saham Asia mengalami penurunan tajam mengikuti apa yang terjadi pada Wall Street sejak tadi malam.

Para pelaku pasar dan investor menaruh kekhawatiran yang mendalam terhadap peluang pemberlakukan lockdown di Amerika Serikat. Karena kawasan itu dilaporkan terjadi penambahan kasus yang sangat besar. Kekhawatiran disebabkan karena kebijakan lockdown akan semakin melukai ekonomi AS yang sedang berusaha bangkit dari perlambatan. Sehingga membantu nada pembelian di sekitar mata uang Dolar AS.

Risk Off Memudar

Sayangnya nada pembelian aset safe haven Dolar AS langsung memudar beberapa jam terakhir. Sebab risk on tampaknya kembali ke pasar dan membantu saham Hang Seng Hong Kong dan Shanghai Composite mencatatkan kenaikan. Penyebabnya adalah ekspektasi pertumbuhan ekonomi yang optimis pada tahun 2021 mendatang dan biasa dovish dari The Fed.

EURUSD hari ini menghapus penurunan ketika investor yakin The Fed memiliki tugas yang berat. Mengingat Kongres AS kesulitan menyetujui kesepakatan dana stimulus ekonomi yang sudah sangat ditunggu. Namun meski Euro mendominasi, tekanan dari harapan kesepakatan fiskal Uni Eropa akan menurunkan permintaan mata uang Euro. Selain itu rilis data inflasi konsumen kawasan Eropa nanti sore juga akan sangat diperhatikan.

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.