EURUSD Stabil Tanpa Kejelasan Arah, Menunggu Pidato ECB Lagarde

Pasangan mata uang EURUSD hari ini bergerak dengan stabil tanpa arah yang jelas menjelang pembukaan pasar Eropa hari Rabu (11/11). Pasangan tampak dalam mode tarik ulur antara optimisme dan pesimisme seperti yang terjadi pada beberapa mata uang lainnya. Optimisme datang dari pembaruan berita vaksin yang sangat menggembirakan. Kemudian pesimisme datang ketika ekonomi Jerman dilaporkan terus mencatatkan perlambatan.

Dengan adanya optimisme dan pesimisme yang bergabung menjadi satu, membuat pasangan EURUSD hari ini tampak bimbang dalam menentukan arah pergerakan selanjutnya. Kondisi yang stagnan ini juga sudah terjadi sejak hari Selasa kemarin dan membentuk candlestick Doji harian. Candlestick tersebut menggambarkan sikap ragu dari para pelaku pasar dan investor.

Arah akan berubah bullish jika batas atas Doji mampu dilewati dengan baik. Begitu juga sebaliknya bearish akan terbentuk jika batas bawah Doji mampu ditembus. Sehingga arah selanjutnya akan sangat diperhatikan sekali. EURUSD masih bergerak ketat di sekitar 1,1780 sampai 1,843.

Menunggu Pidato ECB

Untuk arah EURUSD hari ini, pasar menunggu katalis utama berupa pidato yang akan disampaikan oleh Gubernur ECB yaitu C. Lagarde. Mengingat banyak negara di kawasan tersebut yang memberlakukan lockdown yang menyakiti perekonomian. Sehingga langkah ECB selanjutnya akan menentukan masa depan ekonomi zona tersebut.

Ekonomi Jerman yang terbesar sudah menampilkan tanda-tanda perlambatan dimana indeks ZEW turun menuju ke 39 dari sebelumnya di 56,1. Penurunan yang sangat tajam dan meningkatkan kekhawatiran resesi double-dip.

Dengan risiko tersebut banyak yang menilai peluang EURUSD turun lebih besar. Tapi itu bisa ditolak jika pasar ekuitas global mampu mencatatkan kenaikan yang baik. Peluang kenaikan datang dari harapan vaksin virus Corona yang terus meningkat sejak kemarin. Kemudian pidato Lagarde nanti malam pukul 20.00 WIB akan sangat diperhatikan.

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.