EURUSD Stagnan Menunggu Data Jerman dan Pertemuan ECB Pekan Ini

Pasangan mata uang EURUSD hari ini tampak melakukan aksi konsolidasi tepat di bawah level SMA 100 dalam jam yang berada di 1,2120. Bahkan aksi konsolidasi mata uang Euro ini terjadi sangat lama sekali karena kurangnya katalis penggerak. Tampaknya para pelaku pasar dan investor di sekitar mata uang Euro dalam mode menunggu. Sebab akan ada keputusan kebijakan moneter terbaru dari bank sentral Eropa pada hari Kamis.

Sementara itu Kathy Lien yang berasal dari BK Asset Management mengatakan bahwa data Jerman lebih tinggi dari prediksi. Hal itu maka membantu EURUSD hari ini bertahan di puncak 2,5 tahun. Para pembeli masih akan menunggu aksi pengambilan keuntungan mendekati kebijakan moneter terbaru dari ECB.

Menunggu ECB

Pada Kamis pekan ini, ECB diprediksi akan mendorong program pembelian aset menjadi lebih besar lagi. Kemudian nilai Euro juga bisa mengalami penurunan ketika inflasi terus berada di zona negatif. Memang mata uang Euro sendiri sejak November kemarin mampu mencetak penguatan sampai 3%. Euro bergerak mengesankan walaupun kawasan Eropa terjadi lonjakan kasus pada gelombang kedua pandemi.

Saat sesi akhir Asia hari Selasa (8/12), EURUSD hari ini bergerak di sekitar nilai tukar 1,2178 sambil menunggu data utama dari Jerman. Jika data itu berada di bawah prediksi, maka mata uang Euro bisa mengalami pelemahan. Jerman akan merilis data sentimen ekonomi survei ZEW.

Sementara itu selain fokus ke langkah kebijakan moneter terbaru dari ECB, para pelaku pasar dan investor juga akan fokus pada pertemuan tingkat tinggi Uni Eropa. Pada acara KTT itu, blok akan mengabaikan Hongaria dan Polandia untuk menyiapkan dana anggaran. Kedua negara akan diabaikan jika memang tetap keras pada veto mereka. Tentunya dana adanggatan ini bisa menawarkan pergerakan tambahan bagi mata uang Euro.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.