GBPJPY Turun Tipis Menghapuskan Kebaikan Hari Sebelumnya

Sepertinya nada pembelian terhadap beberapa aset berisiko global memang sedang dalam kondisi lemah. Hal ini bisa terlihat ketika mata uang Poundsterling hari ini diperdagangkan lebih rendah melawan Yen Jepang. Saat sesi Asia di hari Rabu (16/12) pasangan bergerak di sekitar nilai tukar 139,30 atau mewakili penurunan 0,06%.

Sehingga beberapa kenaikan yang dibangun sejak kemarin harus dihapuskan. Para pelaku pasar dan investor global sepertinya memang sedang sangat berhati-hati menjelang peristiwa utama yang penting dari beberapa penjuru dunia. Peristiwa itu seperti pembicaraan kesepakatan Brexit yang sangat mempengaruhi Pound dan juga pembicaraan dana bantuan virus Corona dari pemerintah AS.

Masalah yang Masih Membebani

Mengenai dana stimulus AS itu, pimpinan mayoritas AS yaitu Mitch McConnell ikut dengan Nancy Pelosi dan Steven Mnuchin pada pembicaraan dana stimulus. Berdasarkan berita terbaru, para pembuat kebijakan itu semakin dekat dengan pengesahan RUU dana stimulus virus Corona. Sehingga berita pembaruan apapun akan sangat dinanti dan bisa memberikan pengaruh pada Poundsterling hari ini.

Berpindah ke Brexit, PM Irlandia beberapa waktu terakhir memberikan saran bahwa kepastian masalah Brexit sangat diharapkan ada pada akhir pekan ini. Sayangnya harus diingat berita dari Daily Telegraph bahwa PM Boris memberikan mengirimkan pesan mengenai jaminan kepada ERG malam ini.

Kemudian dari sisi lain, aksi Poundsterling hari ini yang lemah masih akan dihalangi oleh optimisme masalah vaksin. Pasalnya pemerintah Inggris sebelumnya sudah memberikan izin kepada Pfizer mengenai vaksin. Selain itu pemerintah Inggris juga terus maju pada upaya pemberian dana stimulus untuk mengatasi perlambatan ekonomi.

Memang penurunan permintaan aset berisiko hari ini sepertinya wajar terjadi. Beberapa aset berisiko seperti kontrak berjangka S&P 500 juga turun 0,10%. Fokus selanjutnya akan tertuju ke pertemuan The Fed hari ini dan dinamika arah sentimen risiko global.

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.