GBPUSD Bearish Meski Sempat Naik, Terbebani Oleh Spekulasi Suku Bunga Negatif BoE

Pasangan mata uang GBPUSD hari ini mengalami pergerakan dalam dua arah sepanjang sesi Asia hari Kamis (5/11). Setelah sempat mencatatkan penurunan yang cukup tajam, pasangan mampu mengalami kenaikan bangkit dari terendah sesi Asia. Namun meski begitu mata uang Poundsterling masih dalam bias bearish melawan Dolar AS.

Spekulasi Suku Bunga Negatif BoE

Ada banyak beban yang harus ditanggung oleh mata uang Poundsterling Inggris dan memaksanya tetap dalam penurunan. Salah satunya adalah adanya peluang langkah kebijakan moneter BoE dengan suku bunga negatif. Hal itu sangat mengancam masa depan mata uang Poundsterling Inggris. Saat ini pasangan bergerak di sekitar nilai tukar 1,2951 atau mewakili penurunan 0,27%.

Sementara itu tadi pagi sempat berada di terendah dalam sesi sekitar 1,2921. Penurunan tajam it terjadi ketika Telegraph mengatakan BoE sedang dalam upaya pertimbangan suku bunga negatif. Beberapa negara lain juga telah memberlakukan suku bunga negatif seperti Jepang, Eropa dan juga Swiss. Namun kebijakan itu masih gagal untuk membantu angka inflasi kembali menuju ke target di 2%.

Sehingga bagaimanapun juga spekulasi mengenai kebijakan suku bunga negatif membuat GBPUSD hari ini tetap bertahan dalam bias bearish. Bank sentral Inggris akan melangsungkan pertemuan kebijakan hari Kamis ini. Selain pertimbangans uku bunga negatif, BoE juga diprediksi akan meningkatkan pembelian aset sampai 100 Miliar Pound.

Selain dari masalah dalam negeri Inggris, GBPUSD hari ini turun juga disebabkan oleh dinamika perpolitikan di kawasan Amerika Serikat. Karena antara Trump dan Biden terus tarik ulur kemenangan dan terus menyebabkan guncangan di pasar global. Biden sendiri sudah mendapatkan perolehan sampai 264 dari batas kemenangan yaitu 270. Sementara itu Trump juga dilaporkan akan mengajukan gugatan atas hasil pemilihan ini dan menawarkan ketidakpastian lebih panjang.

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.