GBPUSD Berusaha Naik Ketika Optimisme Global Berlaku, Meski Ada Kekhawatiran Brexit

Menjelang pembukaan pasar Eropa hari Kamis (3/12) pasangan GBPUSD hari ini tampak berusaha naik lebih tinggi ke atas nilai tukar 1,3400. Para pelaku pasar dan investor di sekitar mata uang Poundsterling Inggris sepertinya mengabaikan dengan penuh kekhawatiran masalah Brexit. Dukungan utamanya adalah pelemahan Dolar AS yang berhasil dimanfaatkan dengan baik.

Mata uang Dolar AS sejak kemarin terus dalam bias penurunan yang lebih dalam lagi. Sebab sentimen risiko global yang membaik membuat aset safe haven ini dalam mode penjualan yang besar. Pasalnya para pelaku pasar dan investor global sangat optimis dengan vaksin virus Corona dan juga harapan dana stimulus fiskal ekstra besar dari pemerintah AS.

Optimisme Global Mendominasi

Pada hari Rabu kemarin, regulator dari Inggris telah memberikan izin bagi perusahaan Pfizer mengenai vaksinnya. Ini tentunya bisa membuat vaksin segera didistribusikan dan kegiatan ekonomi bisa kembali tumbuh. Penurunan kasus virus Corona global beberapa hari ini juga turut membantu sentimen risiko dan membuat GBPUSD hari ini naik lebih tinggi.

Sementara itu dari Amerika Serikat, Kongres memberikan sinyal akan ada pembicaraan dana stimulus yang lebih besar lagi. Jika dana yang disetujui bisa lebih besar lagi, tentu ekonomi AS akan mampu pulih lebih cepat.

Mengenai Brexit, banyak para pelaku pasar dan investor yang sempat menaruh kekhawatiran. Sebab pembicaraan antara Inggris dan Uni Eropa masih belum bisa menemui titik temu. Keduanya masih berselisih pendapat pada masalah perikanan yang sudah lama dibicarakan. Bahkan Michel Barnier dari Uni Eropa mengatakan kesepakatan Brexit dalam kondisi yang berbahaya.

Untuk pergerakan GBPUSD hari ini mungkin akan fokus pada rilis data ekonomi AS nanti malam mengenai klaim pengangguran. Kemudian dinamika berita mengenai Brexit, vaksin dan juga stimulus AS juga tidak lupa akan ditunggu.

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.