GBPUSD Berusaha Naik Lebih Tinggi, Menunggu IMP Inggris dan AS

Uni Eropa memutuskan untuk membatalkan keputusannya memasukkan Inggris ke daftar pembatasan ekspor. Dilain sisi ada rencana mengenai pelonggaran di kawasan Inggris dan AS membuat sentimen risiko pasar meningkat. GBPUSD hari ini mampu bergerak naik sekitar 0,24% sejak sesi Asia tadi pagi. Walaupun saat ini sudah terpangkas dari 1,3739 menuju ke 1,3731.

Rangkaian Pendukung Bullish

Katalis utama yang membantu Poundsterling Inggris bergerak mengesankan adalah membaiknya hubungan UE-Inggris. Presiden UE membatalkan sanksi itu setelah permintaan 900 ribu vaksin dari AstraZeneca sepertinya mampu dituruti. Kemudian tambahan pendukung kenaikan GBPUSD hari ini adalah laporan vaksinasi di Inggris yang mencapai 600 ribu dalam satu hari. Selain itu kasus positif juga dilaporkan mulai berkurang.

Di sisi lain, kenaikan aset berisiko didukung juga oleh pembicaraan Joe Biden bersama dengan anggota Partai Republik. Dalam pembicaraan itu membahas masalah besaran dana bantuan yang akan diluncurkan yaitu berkisar di 600 Miliar sampai 1,9 Triliun.

Walaupun GBPUSD hari ini bergerak cukup meyakinkan, kekhawatiran pasar mengenai kenaikan harga perak berdasarkan keramaian di media sosial cukup membebani. Beberapa kota utama di Uni Eropa juga sedang berlangsung protes anti-lockdown seperti di Wina, Brussel dan juga Budapest.

Namun beberapa masalah itu masih tidak mampu membelokkan arah pergerakan Poundsterling yang naik. Kondisi didukung ketika saham berjangka terus mengalami kenaikan dan menghapus penurunan awal hari tadi pagi. Saham Asia bergerak sangat baik dengan sebagian besar menghijau mengikuti kenaikan Poundsterling.

Pergerakan GBPUSD berikutnya akan mengalihkan fokus sementara ke rilis data ekonomi Inggris mengenai IMP manufaktur. Lalu nanti malam AS juga akan merilis data mengenai IMP manufaktur dan non manufaktur. Pembaruan arah risiko global juga akan terus menjadi katalis yang bisa menggerakkan GBPUSD beberapa waktu ke depan.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.