GBPUSD Dalam Penurunan Setelah Inggris dan Uni Eropa Memanas

Di sesi Asia hari Kamis (28/1), pasangan GBPUSD hari ini mengalami penurunan ringan 0,10% menuju ke nilai tukar 1,3660. Sebelumnya Poundsterling Inggris berhasil membawa pasangan terbang ke puncak 32 bulan. Tapi akhirnya hari ini penguatan Dolar AS telah membawa GBPUSD terjun lagi ke nilai tukar 1,3659.

Sebenarnya Dolar AS sendiri pada indeks DXY masih gagal memperbarui arah pergerakannya. Sehingga aksi GBPUSD hari ini dihubungkan dengan beberapa beban yang ditanggung oleh Poundsterling Inggris. Beban datang ketika Uni Eropa menampilkan ketegangan dengan Inggris mengenai vaksin.

Beban Bagi Poundsterling

Dilansir dari Financial Times, Uni Eropa menuntut AstraZeneca agar menebus kekurangan vaksin di negara anggota Uni Eropa. Media itu mengatakan juga bahwa konflik mengenai vaksin ini bisa menjadi babak terbaru ketegangan politik antara kedua pihak pasca Brexit. Sementara itu PM Boris mengatakan bahwa ini merupakan masalah perusahaan Inggris dengan Uni Eropa yang terkait.

Di balik aksi penjualan Pound yang membawa GBPUSD hari ini lebih rendah, Financial Times mengatakan ada tanda kebijakan lockdown sudah mulai menimbulkan efek positif. Walaupun bagaimanapun juga tingkat infeksi akan terus membebani sistem kesehatan yang sudah sangat kewalahan menangani pandemi ini.

Dukungan lain yang bisa menghentikan dominasi Dolar AS adalah laporan dari Kementerian keuangan AS. dilaporkan bahwa telah ada penundaan larangan investasi AS ke perusahaan yang ada kaitannya dengan China. Namun aksi penurunan mungkin masih terjadi ketika saham global tetap memerah seperti Wall Street dan juga beberapa saham Asia.

Untuk arah berikutnya pasar akan menunggu berita terbaru ketegangan antara Inggris dan Uni Eropa mengenai vaksin ini. data ekonomi AS mengenai PDB juga akan diperhatikan untuk petunjuk kondisi ekonomi AS yang terbaru. Selain itu berita vaksin dan stimulus AS juga akan menjadi perhatian.

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.