GBPUSD Defensif Setelah Poundsterling Terbebani Brexit

Mata uang Poundsterling hari ini bergerak tanpa arah melawan Dolar AS menjelang pembukaan pasar Eropa hari Jumat (4/12). Pasangan GBPUSD hanya mampu naik dan turun 25 pips di sekitar terendah harian 1,3444. Sepertinya mata uang Inggris itu gagal untuk memanfaatkan kondisi bearish yang terlihat di sekitar Dolar AS hari ini. Mungkin akibat beberapa masalah dalam negeri yang menghambat pembelian Poundsterling.

Masalah Brexit Membebani

Masalah utama yang menahan Poundsterling hari ini adalah kemunduran berita Brexit. Dilansir dari The Sky News dikatakan bahwa pembicaraan itu mengalami kemunduran. Semnetara itu The Telegraph Inggris mengatakan pada akhir pekan akan ada pertemuan antara PM Boris dengan Presiden Macron.

Kedua pihak untuk kesekian kalinya, kembali dalam perdebatan yang sengit pada masalah perikanan dan persaingan. Bahkan setelah adanya tekanan dari Presiden Macron, Uni Eropa memutuskan mendorong permintaan baru. Hal itu tentu membuat masalah perikanan semakin sulit diselesaikan.

Kemudian Uni Eropa juga mengkritik Inggris yang dengan cepat menyetujui vaksin Pfizer. Meski begitu pejabat kesehatan dari AS yaitu Dr Fauci mengungkapkan kepercayaannya pada kualitas vaksin Pfizer tersebut. Ini mungkin akan sedikit menutupi kritik dari Uni Eropa tersebut.

Dari sisi lain, Poundsterling hari ini terbebani oleh hubungan dagang AS-China yang memanas dan memancing aksi risk off. Apalagi Inggris juga ikut AS untuk memusuhi China sehingga membuat hubungan semuanya memanas. Jika sentimen ini terus terjadi maka bisa saja Dolar AS akan membalikkan keadaan dan membawa GBPUSD turun.

Mengingat imbal hasil obligasi Treasury AS dalam tenor 10 tahun bergerak positif sampai 0,91%. Selanjutnya data ekonomi utama AS nanti malam akan menantang arah GBPUSD. Pembicaraan Brexit juga tidak lupa diperhatikan karena akhir pekan ini ada pembicaraan.

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.