GBPUSD Mematahkan Bullish Empat Hari Karena Kekhawatiran Brexit dan Risk Off

Pasangan mata uang GBPUSD hari ini harus rela mengalami penurunan yang cukup dalam dari 1,3264 menuju ek 1,3230. Mata uang Poundsterling Inggris sangat kesulitan untuk mencetak penguatan ketika adanya berita terbaru mengenai Brexit. Kemudian masalah pandemi juga mengakibatkan nada risk off di pasar global yang memicu penjualan Pound.

Beban Bagi GBPUSD

Memang sebelumnya selama beberapa hari terakhir banyak berita positif mengenai Brexit. Namun saat ini dilaporkan para pembuat kebijakan di Eropa bingung dan menekan Komisi Eropa merilis rencana Brexit tanpa kesepakatan. Beberapa negara memberikan dukungan atas rencana itu seperti Perancis, Belgia dan juga Belanda.

Lalu GBPUSD hari ini juga harus menerima beban tambahan mengenai masalah pandemi virus Corona. Beberapa negara belum memberikan berita yang positif mengenai pandmei dan masih memicu adanya aksi risk off. Optimisme vaksin juga sepenuhnya tampak dilupakan para pelaku pasar dan investor.

Padahal sebelumnya Pfizer baru saja merilis laporan hasil analisa terbarunya. Dilaporkan bahwa vaksin yang dikembangkan perusahaan itu mampu mencegah infeksi sampai dengan 95%. Ini semakin baik setelah pekan lalu hanya di 90%. Apalagi Moderna juga melaporkan vaksinnya efektif sampai 94,5%.

GBPUSD hari ini melemah ketiak adanya kekhawatiran masalah geopolitik antara Inggris, AS, Aussie melawan China. Ketiga negara mengungkapkan rasa tidak senang atas apa yang dilakukan oleh China terhadap Hong Kong.

Bersama dengan pelemahan Poundsterling Inggris, aset berisiko global seperti kontrak berjangka S&P 500 turun sekitar 0,20%. Sementara itu indeks DJIA dan juga Nasdaq juga memerah akibat kekhawatiran penambahan kasus virus Corona yang sangat besar. Untuk arah selanjutnya mungkin para pelaku pasar dan investor akan terus fokus pada pembaruan arah risiko. Mengingat sangat minim sekali katalis yang mampu menggerakkan pasar beberapa waktu kedepan.

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.