GBPUSD Naik Meski Setelah Itu Terpangkas Akibat Konflik Terbaru AS-China dan Ketidakpastian Brexit

Mata uang Poundsterling Inggris hari ini memang berhasil bullish dan membawa pasangan GBPUSD naik sepanjang sesi Asia hari Senin (23/11). Namun sayangnya kenaikan itu harus terpangkas beberapa poin akibat adanya beberapa masalah. Saat ini pasangan GBPUSD sedang bergerak di sekitar nilai tukar 1,3114 atau mewakili kenaikan 0,16% saat menjelang pembukaan pasar Eropa.

Sebelumnya Pound menguat dengan besar dan mendorong GBPUSD naik menuju ke titik paling tinggi dalam 10 pekan terakhir. Kenaikan itu terjadi ketika banyak yang menaruh harapan bahwa Inggris dan Uni Eropa bisa mencapai kesepakatan Brexit. Kemudian katalis lain yang menjadi pendukung adalah vaksin virus Corona yang terus memberikan catatan uji klinis positif.

Pound Terbebani Beberapa Masalah

Sayangnya setelah itu, Poundsterling Inggris harus rela menerima beberapa nada penjualan. Penyebabnya adalah adanya resiko dari perdagangan AS dan China. Selain itu juga menjelang rilis data utama Inggris mengenai IMP sektor manufaktur dan Jasa untuk bulan November.

Mengenai Brexit, dilansir dari UK Times dan The Telegraph seolah-olah membenarkan bahwa Inggris dan Uni Eropa akan mencapai kesepakatan pada pekan ini. Meskipun The Guardian mengutip pernyataan Rishi Sunka mengenai hal tersebut.

Memang masih ada beberapa masalah yang membebani pembicaraan kedua pihak seperti masalah perikanan, tata kelola dan juga kompetisi yang belum bisa menemui titik tengah. Hal itulah yang sempat membawa Poundsterling lebih rendah lagi. Tapi sisi baiknya, The Telegraph memberitakan bahwa pemerintah Inggris menyampaikan pengumuman pelonggaran lockdown sebelum libur Natal dan membantu GBPUSD naik.

Dilaporkan juga bahwa AS dan China terjadi konflk dagang kembali ketika pemerintah AS memberikan isyarat akan ada penambahan perusahaan China yang masuk ke blacklist. Selain itu arah sentimen risiko juga akan sangat diperhatikan para pelaku pasar dan investor.

 

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.