GBPUSD Naik Meski Tertahan Pasca Data Inggris yang Optimis dan Pelemahan Dolar AS

Pasangan mata uang GBPUSD hari ini mampu mempertahankan kenaikan menuju ke level yang lebih tinggi dan bertahan di dekat 1,3275. Padahal beberapa saat lalu ada rilis data utama dari Inggris yang cukup penting dan sepertinya tidak mampu direspon dengan baik oleh mata uang Poundsterling Inggris. Beberapa saat yang lalu Inggris merilis data penjualan eceran dengan hasil naik 1,2% lebih tinggi dari yang diharapkan sebelumnya.

Memanfaatkan Pelemahan Dolar AS

Pasangan mata uang GBPUSD hari ini tetap dalam bias bullish di sesi akhir pekan setelah mampu bangkit dari terendah sebelumnya di 1.3200 naik sampai 65 pips. Salah satu faktor yang membantu mata uang Poundsterling Inggris unggul adalah bias penjualan di sekitar mata uang Dolar AS. penyebabnya adalah adanya laporan terbaru dari Menteri Keuangan AS yang menghentikan pemberian dana bantuan kepada sektor bisnis di AS.

Padahal saat ini ekonomi AS sangat dikhawatirkan akan kembali mengalami perlambatan yang parah. Mengingat pandemi virus Corona di negara itu terus mengalami pertambahan kasus yang sangat banyak. Sehingga memicu spekulasi akan ada pembatasan yang lebih ketat atau bahkan memberlakukan lockdown. Selain itu juga memancing spekulasi bahwa The Fed akan melakukan pelonggaran kebijakan yang lebih luas lagi.

Di tengah spekulasi itu, pergerakan imbal hasil obligasi Treasury AS langsung merosot dan membebani mata uang Dolar AS. Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh para pembeli Poundsterling dan membawa GBPUSD hari ini naik lebih tinggi lagi.

Bahkan mata uang Poundsterling Inggris juga mengabaikan beberapa risiko yang datang dari masalah Brexit. Pada hari Kamis kemarin, para pimpinan Uni Eropa meminta agar dirilis sebuah rencana Brexit tanpa ada kesepakatan. Sebab kedua pihak sangat sulit membicarakan beberapa poin yang sangat penting. 

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.