Harga Emas Terkoreksi Meski Indeks Dolar AS Juga Turun

Perdagangan dua hari terakhir terlihat harga emas naik menuju ke level harga yang lebih tinggi lagi. Tapi pada hari Rabu saat sesi Asia berlangsung, logam mulia emas terlihat sedikit mengalami penurunan. Untuk harga emas turun saat ini penyebabnya diprediksi bukan akibat Dolar AS yang menguat. Namun lebih disebabkan oleh aksi hati-hati dari para pelaku pasar dan investor di tengah debat antara Trump dan Biden.

Saat sesi awal Asia, harga emas turun sekitar 0,19% menuju ke level harga 1.894 per troy ounce. Sementara itu pada hari Selasa kemarin ditutup dengan hasil yang memuaskan berada di 1.897. emas terus berusaha mendekati level harga psikologis angka bulat yang berada di 1.900.

Seharusnya pada kondisi yang seperti ini harga emas justru mampu menampilkan kinerja yang memuaskan. Karena pada saat yang sama indeks Dolar AS mengalami penurunan sampai 0,05% karena sikap pasar yang sama. Sehingga untuk arah selanjutnya mungkin akan sangat diperhatikan oleh para pelaku pasar dan investor.

Fokus Pada Debat

Hari ini Trump dan Biden dalam sebuah forum debat perdana yang membahas banyak masalah seperti ekonomi dan pandemi. Tapi peristiwa itu secara luas tidak melemahkan kinerja emas sepanjang pekan ini. Mengingat selama dua hari terakhir emas sudah mengalami kenaikan dan masih berhasil mempertahankan catatan tersebut sampai hari Rabu ini (30/9).

Untuk tantangan harga emas turun selanjutnya akan tetap datang dari bagaimana sentimen pasar pasca debat antara Trump dan Biden tersebut. Tentunya apa yang disampaikan keduanya akan sangat mempengaruhi dinamika pasar. Apalagi diklaim bahwa peluang kemenangan Biden naik pada sesi debat ini. Sehingga sempat membantu beberapa aset berisiko seperti kontrak berjangka S&P 500 untuk mencatatkan kenaikan yang cukup baik. 

 

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.