Investasi Emas Antam: Tips & Keuntungannya bagi Pemula

Investasi emas Antam tengah menjadi primadona lantaran kemudahan barangnya untuk didapat. Selain itu investasi emas Antam biasanya fokus kepada emas batangan saja. Emas batangan Antam menjadi pilihan bagi banyak orang untuk dapatkan keuntungan yang lebih banyak di masa depan.

Investasi emas Antam laris manis sebagai produk investasi karena emas menjadi barang dengan harga yang cenderung akan terus naik tahun ke tahun. Selain itu, investasi emas Antam juga dianggap minim resiko karena kebal akan inflasi dan penurunan nilainya pun tidak terlalu mengganggu keuntungan.

Antam sendiri adalah singkatan dari Aneka Tambang, yaitu nama perusahaan yang khusus mengeluarkan emas batangan yaitu PT. Aneka Tambang Tbk. Emas batangan/Logam Mulia Antam Merupakan emas dengan kadar kemurnian tertinggi 99.99% dan telah diakui secara global dengan mendapatkan sertifikasi LBMA (London Bullion Market Association). Edisi terbaru ini telah dilengkapi dengan kemasan sertifikat guna memudahkan pengecekan keaslian logam mulia.

Bagi kamu yang baru memulai investasi Antam, berikut ada beberapa tips guna meraih hasil maksimal.

investasi emas antam

Tips Investasi Emas Antam untuk Investor Pemula

1. Pilih emas batangan

Untuk investasi jelas harus memilih emas batangan. Hal ini lantaran harga emas perhiasan terdapat komponen ongkos pembuatan yang porsinya cukup besar yakni 20 persen sampai 30 persen. Sehingga ketika membeli emas perhiasan juga dengan biaya pembuatan. Namun ketika dijual, harga emas perhiasan tidak termasuk ongkos pembuatannya. Sedangkan emas batangan tidak ada ongkos lainnya. Sehingga selisih beli dan jualnya tidak besar dan jika ada kenaikan kita tentu lebih untung.

2. Pastikan bersertifikat

Investasi emas Antam tentu wajib menggunakan emas produksi Antam. Emas Antam sendiri jadi yang paling diminati karena punya karakter fisik yang sulit untuk dipalsukan. Makanya, setiap kita membeli emas Antam, selalu ada sertifikat yang menjelaskan dimensi emas, berat emas, kadar kemurnian emas, serta nomor seri emas.

Nah, untuk mencegah hal-hal yang tidak diharapkan, bagi kamu yang berinvestasi emas Antam harus membeli di toko-toko emas resmi milik Antam. Selain itu juga bisa diperoleh di Pegadaian resmi di seluruh Indonesia atau marketplace seperti Tokopedia. Jangan lupa pastikan sertifikas emas batangannya agar terjaga keasliannya

3. Jangan tunggu harga turun

Salah satu teknik klasik berinvestasi emas adalah membelinya saat  harga rendah dan menjualnya saat harga lebih tinggi. Meskipun demikian, prinsip ini jangan lantas membuatmu menunda-nunda berinvestasi emas. Tidak perlu menunggu mendapat harga yang jauh lebih rendah untuk membeli. Hal ini hanya akan membuatmu menunda lebih lama dan bisa jadi batal berinvestasi.

Tentukan kemampuanmu membeli emas batangan, jika memang dananya cukup, maka bisa langsung dialokasikan untuk membeli emas. Jika setelah beli, tiba-tiba harga emas turun maka jangan khawatir. Tren kenaikan harga ema situ bukan untuk jangka pendek, untuk itu biasanya pencairannya setelah investasi selama 5-10 tahun.

Sekali lagi diingatkan ya, bahwa investasi emas Antam hanya cocok untuk yang berniat investasi jangka panjang. Risikonya yang rendah pun tidak menyajikan margin yang signifikan dalam waktu singkat.

4. Simpan di tempat aman

Jika emas sudah memiliki, maka simpanlah di tempat terbaik dan teraman. Kamu bisa menyimpan emas batangan di mana saja, jika di tempat itu kamu yakin memiliki sistem keamanan yang cukup canggih di rumah. Namun jika kamu merasa tidak yakin aman menyimpan di rumah, titipkanlah emas batangan tersebut ke Antam. Di Antam disediakan brankas yang bisa disewakan untuk kamu yang mau menyimpan emas batangan. Tentu dengan biaya sewa per tahunnya.

5. Tentukan tujuan

Sebelum memulai investasi emas Antam, tetapkan target atau tujuannya terlebih dahulu. Ini karena investasi emas bersifat jangka panjang maka untuk itu butuh tujuan agar investasi tidak berhenti di tengah jalan karena adanya gangguan.

Kamu bisa menargetkan untuk membeli rumah, menikah, atau apapun sehingga rencanamu untuk investasi emas berjalan mulus. Ingat bahwa, di jangka waktu 5-10 tahun, emas yang kita investasikan akan memiliki nilai yang berkali-kali lipat dari awal. 

Itu adalah beberapa tips bagi kamu yang mau memulai investasi emas Antam. Segeralah melakukan investasi emas Antam yang terpercaya memproduksi emas batangan. Karena emas batangan memiliki banyak keuntungan jika digunakan sebagai produk investasi. Selain harganya yang terus naik, berikut adalah beberapa keuntungan investasi emas.

Keuntungan investasi emas

Mudah dicairkan

Emas memiliki tingkat likuiditas yang tinggi, sehingga sangat mudah dicairkan. Jadi sewaktu-waktu kamu membutuhkan uang tunai, maka emas investasimu bisa langsung dicairkan. Hal ini membuat emas menjadi investasi yang lebih baik ketimbang property, tanah atau hunian yang yang sulit dan butuh waktu untuk dicairkan.

Melindungi kekayaan

Investasi emas juga berguna untuk juga melindungi kekayaanmu. Jika hartamu hanya berupa uang tentu akan ketimbang menabung emas.

Emas memiliki nilai yang stabil, bahkan cenderung mengalami kenaikan beda dengan nilai uang. Misal, di satu waktu terjadi inflasi maupun krisis ekonomi, harga emas biasanya cenderung mengalami kenaikan.

Sangat jauh berbeda jika yang kamu simpan hanya uang dalam bentuk tunai.  Ketika inflasi atau krisis ekonomi, maka nilai mata uang juga ikut melemah.

Itulah dua keuntungan investasi emas selain kestabilan harganya. Satu hal yang perlu diingat adalah investasi apapun bentuknya, penting untuk menjamin masa depan agar menjadi lebih baik. Untuk jangka panjang, memang investasi emas Antam jadi pilihan.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.