Investasi Emas: Pilihan Aman Untuk Masa Depan

Begitu banyak jenis investasi dan semuanya menjanjikan keuntungan di masa depan. Pilihan instrumennya pun tergantung dengan diri Anda dan kemampuan finansial yang Anda miliki. Namun dari semua jenisnya, investasi emas nampaknya masih menjadi pilihan banyak orang di masa kini karena berbagai macam alasan. Emas yang diinvestasikan bisa dalam bentuk batangan atau antam yang menjanjikan masa depan Anda tidak akan kekurangan dana jangka panjang.

Mengapa Investasi Emas Masih Menjadi Primadona di Tengah Masyarakat?

Investasi Emas: Pilihan Aman Untuk Masa Depan

Ketika berbicara mengenai investasi, pastilah salah satu instrumen yang akan menjadi opsi adalah investasi emas. Siapa yang tidak kenal emas? Bahkan hampir semua orang memiliki emas ini dalam bentuk batangan maupun perhiasan. Walaupun bukan bentuk investasi baru, namun emas merupakan salah satu investasi yang tidak akan pernah kehilangan peminatnya sama sekali bahkan dikatakan ini adalah investasi yang sangat mudah dilakukan dibandingkan dengan yang lainnya.

Selain itu, emas dianggap sangat menjanjikan khususnya untuk jangka panjang. Emas merupakan aset terbaik yang dimiliki seseorang bahkan tidak perlu menjadi seorang ahli ekonomi untuk bisa melakukan investasi ini dengan baik tanpa kendala seperti yang lainnya. Tidak banyak hal rumit di dalamnya namun tetap memberikan kepastian keuntungan di masa depan. Mungkin alasan itu masih belum cukup untuk mereka yang baru ingin memulai investasi dananya.

Produk ini sejak dulu sampai sekarang masih tetap ada namun yang perlu diperhatikan adalah investor tidak menginvestasikan dana mereka untuk emas perhiasan melainkan dalam bentuk logam mulia dengan keuntungan yang lebih besar. Meskipun perhiasan emas pun juga bisa dijadikan sebagai metode investasi karena tetap bernilai bahkan bisa digunakan dimanapun juga, tetap saja emas batangan yang menjadi pilihan terbaik dan nilainya pun melesat tinggi untuk profit besarnya.

Keuntungan Investasi Emas untuk Simpanan Masa Depan

Ketika masih banyak sekali investor lain yang mungkin tertarik dengan bentuk atau instrumen lainnya untuk simpanan di masa depan, rupanya tidak sedikit pula yang masih tetap memilih investasi emas sebagai pilihan utama yang tidak ribet sama sekali bahkan sangat cepat untuk dikuasai pemula sekalipun. Ada berbagai macam alasan yang menyebabkan masyarakat masih menyukai emas bahkan untuk disimpan di masa depan sekalipun antara lain:

Resiko Kerugian Sangat Minim

Investasi pada emas atau Antam ini dapat dikatakan merupakan pilihan yang baik anti kebangkrutan. Emas batangan itu tidak sama seperti saham di suatu perusahaan maupun badan usaha lainnya yang bisa mengalami kerugian tiba-tiba bahkan bisa jadi bangkrut sekalipun. Bila sudah mengalami pailid, maka para investor jelas akan kehilangan uang dan juga mengalami kerugian dalam nominal yang begitu besar. Jika Anda melakukan investasi dalam bentuk emas, maka secara harfiahnya adalah uang yang Anda miliki itu telah dialihkan menjadi bentuk emas batangan dimana emas tidak akan pernah menghilang atau menyusut lebih kecil.

Emas beda dengan saham bahkan juga produk instrumen investasi lain. Uang yang Anda miliki akan dialihkan dalam bentuk berbeda yang penandaannya dilakukan dengan adanya dokumen maupun surat tertentu. Anda tidak bisa memegangnya sama sekali secara fisik namun hanya lewat bukti surat yang ada. Jika surat itu hilang, maka otomatis Anda tidak bisa membuktikan tanda kepemilikan Anda akan saham perusahaan itu. Namun emas bisa disentuh, dimiliki dan disimpan secara fisik dan berapapun nilai harga emas di masa depan, Anda dapat menjualnya dan memperoleh uang dari penjualan emas ini.

Keamanan yang lebih terjamin

Jenis emas yang paling disarankan untuk dapat Anda gunakan sebagai media investasi adalah logam mulia yang telah mempunyai sertifikat yang benar-benar diakui oleh pihak mancanegara dan langsung dikeluarkan oleh perusahaan PT Aneka Tambang atau Antam. Jika memilih emas yang satu ini, maka investasi yang Anda lakukan pun akan selalu aman sebab sertifikatnya pun telah diakui di Indonesia dan global. Selain itu, tingkat keamanannya begitu baik karena privasinya yang begitu tinggi dimana orang lain tidak akan pernah bisa tahu berapa nominal atau nilai emas yang Anda punya.

Tidak terpengaruh oleh inflasi

Salah satu alasan lain mengapa emas dijadikan sebagai media paling baik untuk investasi masa depan adalah karena emas memiliki kemampuan atau sifat yang tahan dengan inflasi. Ketika nilai mata uang suatu negara semakin turun, maka harga emas tidak akan turun dan justru makin naik dan tinggi. Inflasi adalah situasi yang dianggap paling buruk dan menakutkan bagi masyarakat di suatu negara dan disinilah Anda bisa mencoba untuk mencari alternatif lain guna mengamankan seluruh harta dan uang yang Anda miliki. Emas batangan adalah alternatif paling baik untuk investasi mengingat permintaannya yang semakin tinggi sehingga harganya pun justru mengalami peningkatan.

Cepat dan mudah untuk dicairkan

Dibandingkan bentuk investasi yang lainnya, emas ini punya sifat likuiditas yang begitu tinggi dan artinya adalah investor bisa dengan cepat mencairkannya untuk memperoleh keuntungan. Disini investor bisa dengan mudahnya menjual cepat emas mereka dan tidak ribet seperti halnya investasi lain layaknya properti maupun obligasi dimana masih dibutuhkan pihak kedua yang mau membeli investasi yang Anda jual.

Tempat untuk mencairkan emas ini juga tersebar di banyak tempat, bahkan hingga ke daerah terjauh. Jadi, anda tidak akan mengalami kerepotan sedikitpun untuk menjual emas. Sifat likuiditas yang sangat tinggi inilah dianggap sebagai manfaat yang utama untuk investor yang mungkin sedang membutuhkan uang cepat karena masalah darurat.

Harga emas lebih terjangkau

Banyak sekali orang yang ingin melakukan investasi namun sayangnya terkendala dengan modal yang kecil. Akan tetapi, ada beragam cara yang dilakukan untuk dapat melakukan investasi di dalam bentuk emas ini. Anda bisa langsung membelinya di toko maupun langsung membeli melalui online di jaman yang serba canggih ini.

Jika Anda membelinya melalui online, maka Anda bisa mencoba mengunduh aplikasi terpercaya yang cukup banyak disediakan oleh penjual emasnya seperti aplikasi e-mas yang akan membuatmu lebih mudah lagi untuk melakukan jual beli emas hanya dengan ponsel pintar. Jika membeli emas ini melalui jalur online, maka Anda bisa membelinya dalam nominal yang kecil sehingga cukup terjangkau.

Bila membelinya langsung seperti 1 gram emas batangan, maka bisa jadi terlalu berat untuk Anda dan sulit menyimpannya. Emas digital dapat dijadikan sebagai alternatif terbaiknya. Meskipun emas digital itu tak bisa langsung Anda miliki, bukan berarti Anda tidak punya emaas itu sama sekali. Bisa dikatakan Anda hanya menitipkannya saja dan seluruh jumlah emas yang Anda punya akan tercatat di dalam akun yang Anda miliki. Bila ingin punya emas ini dalam bentuk fisik, maka pihak penjuaal bisa mengirimkannya langsung ke alamat rumah Anda maupun diambil. Meskipun membeli emasnya dengan cara online atau digital, tidak ada pengurangan nilai profit sama sekali dan ini merupakan cara terbaik untuk bisa melakukan investsi meskipun dana yang dimiliki terbatas.

Inilah beberapa alasan mengapa investasi emas masih sangat populer di mata investor Indonesia meskipun sekarang bentuk investasi itu begitu beragam dengan keuntungan yang bisa jadi lebih cepat dan besar.

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.