Investasi Emas di Tokopedia: Tips, Seluk-beluk, dan Cara Praktis

Investasi emas Tokopedia menjadi solusi mudah bagi kamu yang mau memulai berinvestasi emas. Terlebih kini menabung emas jadi salah satu pilihan investasi jangka panjang, dan sebuah pilihan tepat jika kamu memilih investasi emas Tokopedia.

Sistemnya yang online membuat investasi emas Tokopedia cocok di era digital seperti ini, dan tentunya di masa pandemi ini bagi kamu yang di rumah saja. Meskipun dilakukan secara online, investasi emas Tokopedia menghasilkan emas fisik. Hal itu bisa dilakukan setelah emas tersebut mencapai 1 gram.

Setelah kamu membeli emas tersebut di Tokopedia untuk diinvestasikan, nantinya setiap gram emas yang kamu beli dikonversikan ke bentuk fisik, dan akan dititipkan di Pegadaian. Investasi emas Tokopedia bahkan bisa dilakukan dalam nominal rendah, minimal Rp5.000 (Lima ribu rupiah) di Tokopedia Emas.

Tak perlu ragu, investasi emas Tokopedia dijamin aman dan terpercaya karena sudah diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Program investasi emas Tokopedia ini sudah dimulai sejak Januari 2019 lalu, dengan produk Bernama Tokopedia Emas.

investasi emas tokopedia

Cara Investasi Emas di Tokopedia

Setiap orang pasti memiliki aplikasi Tokopedia di gawainya. Namun, jika kamu belum pernah sama sekali, ada baiknya kamu menginstal terlebih dahulu aplikasi Tokopedia dari Google Play Store atau App Store. Jika gawaimu tak cukup untuk menginstal Tokopedia, kamu bisa melakukan investasi emas Tokopedia di website/situsnya langsung.

Selanjutnya buatlah akun Tokopedia. Kamu bisa langsung memulai investasi emas di Tokopedia, meskipun tak memiliki rekening tabungan emas di Pegadaian. Jika sudah, mari kita buka aplikasi atau situs Tokopedia.

Beli Emas

  • Untuk membeli emas, pertama log in dahulu aplikasi Tokopedia di gawai atau masuk website Tokopedia.
  • Masuk ke akunmu
  • Klik fitur “Emas” di halaman paling depan
  • Klik “Beli Emas”
  • Masukkan jumlah nominal (Rupiah) emas yang ingin kamu investasikan
  • Setelah itu, secara otomatis akan muncul nilai emas (gram) dari nominal tersebut
  • Pilih metode pembayaran yang paling mudah dan sesuai kebutuhan
  • Segera lakukan pembayaran untuk menghindari kemungkinan perubahan harga beli emas
  • Setelah pembayaran kamu terverifikasi, emas akan langsung masuk ke tabungan Tokopedia Emasmu.

Jual Emas

  • Buka aplikasi Tokopedia di ponsel atau masuk website Tokopedia dari gawaimu.
  • Masuk ke akunmu
  • Klik fitur “Emas” di halaman paling depan
  • Klik “Jual Emas”
  • Tentukan jumlah emas yang ingin kamu jual
  • Masukkan kode verifikasi untuk menjamin keamanan transaksi
  • Hasil penjualan masuk ke saldo Tokopedia dan dapat ditarik ke rekening pribadi.

Tokopedia Emas bakal menjadikanmu layaknya sultan, dia punya fitur menarik dimana nasabah yang melakukan investasi emas Tokopedia berhak atas 3 level membership. Semakin tinggi investasinya atau tabungan emasnya, maka akan semakin banyak keuntungannya.

Sistem online dan digital membuat, nasabah bisa dalam 24×7 jam mengakses Tokopedia Emas. Mudah, praktis dan nonstop melayani nasabah yang melakukan investasi emas di Tokopedia.

Memulai Investasi Emas

Emas jadi salah satu produk investasi yang dianggap aman meski tengah ekonomi tengah melemah. Emas juga jadi instrumen investasi yang biasanya tidak terpengaruh inflasi. Terlebih emas memiliki sifat nilai/harga yang cenderung stabil dan jarang mengalami penurunan drastis. Bahkan ketika mengalami fluktuasi secara harian, harga emas terus mengalami kenaikan jika dilihat dalam jangka panjang.

Itulah alasan mengapa emas cocok bagi kamu yang baru memulai berinvestasi. Dengan nilai emas yang bagus, dan platform yang memudahkan. Kamu yang baru pemula di bidang investasi, bisa dibilang tepat jika memulai investasi emas di Tokopedia. Jika masih ragu, berikut ada cara memulai berinvestasi emas.

1. Mulai dari yang Kecil Dulu

Meski mudah dan memiliki keuntungan yang menggiurkan, ada baiknya nasabah tidak langsung berinvestasi emas secara jor-joran atau dengan nilai yang besar. Sebagai pemula, mulailah dari yang kecil dahulu. Sembari mempelajari seluk beluk investasi emas tanpa harus cemas dengan fluktuasi harganya.

Jika sudah paham dan hafal kondisi lapangan, maka barulah pelan-pelan dinaikan nilai investasinya. Nah, investasi emas Tokopedia bisa dimulai dengan nominal kecil. Dengan minimal Rp. 5.000 kamu sudah bisa menjadi investor emas di Tokopedia. Jumlahnya bahkan lebih kecil dari uang makan siangmu.

2. Pilih Platform Terbaik

Pilihlah platform yang terbaik untuk berinvestasi emas. Pastikan tempat kamu membeli dan menginvestasikan uang merupakan lembaga yang resmi diakui pemerintah. Tokopedia emas tentu salah satunya, selain sudah terpercaya menjadi marketplace kesayangan masyarakat Indonesia. Tokopedia Emas juga sudah diakui dan diawasi OJK sehingga investasi emasmu aman.

Di era seperti ini investasi bodong pun mulai tersebar dimana-mana. Sehingga pilihlah yang jelas dan aman. Jangan langsung tergiur iming-iming keuntungan besar instan yang nyatanya penipuan semata.

3. Beli Emas Saat Pasar Melemah

Untuk memulai investasi emas Tokopedia tentu perlu strategi khusus. Meskipun nilai emas konsisten naik, namun untuk memulai berinvestasi kamu harus riset harga emas terkini. Jika ingin membeli langsung dengan jumlah besar, sebaiknya beli ketika harga emas sedang melemah. 

Selain itu pelajari juga terkait prediksi harga ketika kamu membelinya dan setelah membelinya. Hitung kembali apakah nanti bakal melonjak atau merosot. Jangan asal memulai investasi tanpa kamu ketahui mengenai keadaan pasar.

4. Mempersiapkan Kemungkinan Terburuk

Baik sebelum maupun sesudah berinvestasi, sebaiknya tak perlu muluk-muluk bahkan jumawa. Membayangkan nanti bakal untung besar, dapat cuan melimpah dsb. Pikirkan pula bahwa di setiap investasi pasti memiliki dua sisi, yaitu keuntungan dan kerugian. Sejatinya, tidak ada investasi nyata yang terus menerus menjanjikan laba. Hal ini lantaran harga dan kondisi pasar pasti akan selalu berubah-ubah.

Untuk itu rencanakan secara matang jika nanti bertemu kemungkinan terburuk. Persiapkan langkah cadangan jika harga emas turun drastis dan kamu mengalami kerugian yang besar.

Keuntungan Investasi Emas Tokopedia

Mudah Tinggal Klik

Di era digital ini perkembangan teknologi semakin maju. Kemajuan teknologi tersebut berdampak pada banyaknya kemudahan-kemudahan yang bisa kita lakukan. Hal ini juga berdampak pada investasi emas kini dapat dilakukan secara online lewat genggaman. Hanya perlu konektivitas yang baik, investasi emas di Tokopedia bisa dilakukan di rumah, sambil santai. Proses jual dan beli emasnya pun, begitu mudah karena aplikasi Tokopedia bisa dibuka kapan saja dan dimana saja.

Mudah Dicairkan

Nilai emas cepat berubah, hal ini yang membuat emas cepat sekali dibeli bahkan dijual kembali. Jika biasanya nasabah harus membawa emasnya ke toko emas atau pegadaian untuk mencairkan dana. Kini lewat investasi emas Tokopedia, kamu bahkan bisa menjualnya kapan saja dan tak perlu harus ke toko emas atau pegadaian.

Resiko Kecil

Emas dikenal dengan volatilitas harganya yang statis dalam jangka pendek. Sehingga risiko investasi jauh lebih rendah dibandingkan instrumen investasi lainnya. Dan emas dalam Tokopedia Emas beda dengan emas perhiasan. Sehingga kamu bisa memiliki investasi emas dengan harga yang lebih tinggi dari emas perhiasan. Terlebih kita ketahui bersama jika harga perhiasan tidak tetap dan cenderung berbeda antara penjual emas yang satu dan yang lainnya.

Itulah insight lengkap tentang investasi emas Tokopedia. Jika kamu biasa bertransaksi di Tokopedia maka sudah paham betul bagaimana kredibilitas dan keamanan Tokopedia. Nah, platform ini mungkin bisa kamu pertimbangkan.

Leave a Comment

Copyright © 2021. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.