Cara Ampuh Jadikan Investasi Emas untuk Beli Rumah Idaman

Sudah siap memiliki rumah idaman? Atau berencana menabung dengan cara investasi emas untuk beli rumah idaman? Ada banyak cara untuk mewujudkannya.

Salah satunya adalah dengan melakukan investasi emas untuk tujuan membeli rumah.

Rencana memiliki rumah tentu harus kita pikirkan sejak muda, bisa mulai dari umur 20-an. Meskipun rumah bukan barang yang murah, tetapi kita bisa mencapai impian itu. Salah satunya ialah dengan menabung atau investasi.

Emas jadi instrumen investasi yang tepat untuk merencanakan membeli rumah dalam waktu 10 – 20 tahun ke depan. Berikut cara investasi emas untuk beli rumah yang bisa kita ikuti.

Rencanakan Jangka Waktu

Merencanakan jangka waktu investasi dengan tujuan penting kita lakukan. Hal ini untuk melihat target jangka pendek untuk mencapai tujuan jangka panjang. 

Maksudnya, kita akan tahu target setiap bulan yang harus kita tabung ketika sudah mendapatkan jumlah akhir. 

Merencanakan investasi untuk beli rumah misalnya 15 tahun lagi. Maka waktu yang dibutuhkan untuk melakukan investasi emas selama kurang lebih180 bulan. 

Selama waktu itu, sisihkan sebagian pendapatan untuk mencapai harga rumah incaran kita. Penting sekali membuat perencanaan waktu agar target tercapai. 

Manfaatkan Program Tabungan Emas

Emas tidak hanya bisa kita beli secara fisik, tetapi juga secara online. Bahkan dengan adanya program investasi emas dalam setiap marketplace dan e-wallet, banyak program yang diluncurkan. 

Misalnya, cicil emas, tabungan emas, tanam emas, arisan emas, dan lain-lain. Program tersebut bisa kita ikuti untuk membantu konsistensi kita menabung. Jadi, tidak akan lupa menyisihkan uang untuk membeli emas.

Sekalipun modal yang dimiliki sedikit, kita bisa memulainya dengan program tabungan emas. Tidak perlu khawatir, hanya dengan Rp 5.000 pun sudah bisa membeli emas. Nah, manfaatkan program-program tersebut untuk mulai investasi emas untuk beli rumah.

Emas untuk Membayar DP

Banyak yang terkendala DP tinggi untuk membeli rumah, sehingga rumah idaman semakin jauh untuk didapatkan. 

Bila yang terjadi demikian, maka kita bisa menggunakan investasi emas yang kita miliki untuk DP rumah. Cara ini cukup efektif karena uang yang kita tabungkan tidak akan terkena inflasi dan emas memiliki nilai stabil. 

Itu mengapa banyak yang mengatakan bahwa emas menjadi investasi yang cocok untuk beli rumah. Hal itu karena emas kuat terhadap inflasi sehingga harga emas akan mengikuti kurs mata uang tiap tahunnya. 

Membayar Rumah Cash

Apabila menabung emas untuk DP dan melanjutkannya dengan KPR kita tidak berminat, maka bisa dengan cash. 

Sudah bukan rahasia lagi bahwa harga jual rumah saat kita membayar tunai atau cash dengan cicilan atau kredit tentu jauh lebih murah membayar secara tunai.

Menabung emas secara konsisten selama waktu yang sudah ditentukan bisa jadi pilihan. Selain kita mendapatkan harga jual rumah yang jauh lebih miring ditambah tanpa DP, kita juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya.

Siapa tahu saja di saat tabungan emas yang kita miliki baru akan kita jual 10 tahun sampai 20 tahun kemudian ternyata seharga satu rumah yang melebihi dari rumah yang kita idamkan.

Kapan Waktu yang Tepat Membeli Emas

Emas sama dengan mata uang ataupun saham, yaitu memiliki waktu kapan turun dan kapan naik. Lalu, sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk membeli emas agar untung dan rumah impian dapat tercapai.

1. Gajian tiba

Saat sumber pendapatan utama yakni gaji turun maka sebenarnya kita sudah memiliki cukup uang untuk berinvestasi asalkan kita harus memprioritaskan sejumlah uang dari gaji kita untuk segera dialihkan dalam bentuk emas.

Sekalipun harganya sedang naik, tetap saja memprioritaskan untuk berinvestasi emas menjadi solusi terbaik daripada uang pendapatan kita terhambur begitu saja untuk sekadar nongkrong dan membeli kopi.

2. Rutin membeli

Rutin membeli emas menjadi solusi selanjutnya untuk mendisiplinkan diri dalam menabung dan berinvestasi. 

Selain itu, dengan membeli emas rutin setiap bulan setidaknya kita memiliki emas dengan harga yang lebih bervariatif. Ini yang menjadi keuntungan tersendiri sewaktu akan menjualnya nanti.

Baik harga emas sedang naik ataupun turun akibat isu perekonomian dunia yang kurang stabil ini justru memberikan variasi terhadap portofolio investasi emas kita.

3. Manfaatkan program diskon

Sama seperti belanja, emas juga memiliki diskon harga dari lembaga yang mengelolanya. Misalnya di Pegadaian, Logam Mulia, Antam, dan masih banyak platform lain yang menyediakan jasa pembelian atau menabung emas.

Keuntungan membeli emas digital ini adalah kita bisa berkesempatan mendapatkan diskon atau potongan harga. Dengan begitu, tentu kita akan jauh lebih hemat. Harga emas berkurang tetapi nilainya tetap sama.

Kendati demikian, kita tetap harus cermat dan teliti dalam mencari informasi terkait pembelian emas digital ini. Apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku, berapa minimal modal yang disetorkan hingga adakah toko offline dari platform tersebut.

Yang paling utama adalah seberapa besar rasa percaya masyarakat terhadap platform yang menyediakan fitur menabung emas digital tersebut.

Sangat disarankan untuk investasi emas sekarang juga karena selain untuk membeli rumah, juga untuk mengamankan uang kita dari inflasi. 

Ikuti program tabungan emas apabila kita masih belum punya cukup dana. Modal kecil pun bisa kita mulai investasi emas untuk beli rumah. 

Leave a Comment

Copyright © 2022. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.