Investasi Saham, Resiko dan Keuntungannya

Saat ini sudah bermunculan beragam jenis investasi yang menguntungkan bisa Anda pilih untuk menjadi salah satu simpanan masa depan terbaik khususnya untuk jangka panjang. Salah satu yang paling populer hingga saat ini adalah investasi saham. Jika tidak mengetahui apa sesungguhnya pengertian dan juga seluk beluk dari saham ini, maka mustahil Anda bisa melakukan investasi dengan tepat. Ketahui lebih dulu resiko maupun keuntungan yang bisa diperoleh dari bentuk investasi ini.

Apa itu Investasi Saham dan Keunggulannya ?

Investasi Saham, Resiko dan Keuntungannya

Sudah ada beragam jenis investasi yang dapat Anda lakukan seperti deposito, emas bahkan investasi saham. Sebenarnya Anda sering mendengar istilah saham di manapun, juga namun tidak sedikit yang masih bingung mengetahui apa itu saham dan seolah pemahaman banyak orang adalah saham ini merupakan kegiatan yang membutuhkan uang dengan nominal yang besar dan hanya dilakukan oleh mereka yang kaya saja. Tapi, kini siapapun bisa menempatkan dana investasi pada saham ini asalkan tahu dengan baik.

Saham merupakan tanda penyertaan dana atau modal di dalam sebuah perusahaan maupun perseroan terbatas sesuai dengan definisi yang diberikan oleh BEI atau Bursa Efek Indonesia. Dikarenakan Anda menanamkan modal di sebuah perusahaan, maka Anda tentu memiliki klaim atas seluruh pendapatan perusahaan termasuk dapat melakukan klaim dari aset perusahaan itu bahkan Anda pun bisa hadir atau memiliki hak untuk hadir di dalam RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham.

Dengan kata lain, saham ini merupakan seperti bukti kepemilikan atas suatu badan usaha atau perusahaan. Jika memiliki saham, maka otomatis Anda juga menjadi pemilik dari perusahaan itu. Tentu saja jika tidak memahami dengan baik, maka Anda berpikir bahwa modal untuk bisa terlibat di dalam suatu perusahaan itu tidak kecil. Belum lagi, sebagian orang juga berpikir bahwa bermain saham itu sedikit berbahaya karena tidak tahu seperti apa perusahaan itu nantinya di masa depan.

Resiko Investasi Saham yang Sering Membayangi Investor

Meskipun terlihat menguntungkan dan bisa membuat seseorang menjadi kaya, rupanya investasi saham ini bukannya tanpa resiko sama sekali. Tetap ada resiko yang perlu diketahui oleh Anda yang memiliki keinginan untuk melakukan investasi dalam bentuk saham ini antara lain:

Capital Loss

Resiko pertama yang biasanya akan dialami oleh mereka yang berinvestasi pada saham ini adalah capital loss yang berkebalikan dari capital gain. Ini semua disebabkan oleh harga jual yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan harga belinya. Contohnya adalah Anda membeli saham A dengan harga per lembar sebesar Rp 3000. Namun sayangnya karena sesuatu, Anda harus menjual saham ini dengan harga per lembarnya adalah Rp 2500. Dengan demikian, maka Anda justru bukannya untung melainkan rugi sebesar Rp 500 untuk setiap lembar saham yang ada. Jika Anda mempunyai sekitar 100 lembar saham, maka kerugian yang Anda alami adalah Rp 500×100 dan itu sebesar Rp 50 ribu.

Suspend

Suspend ini juga merupakan resiko yang akan Anda alami ketika melakukan investasi saham. Maksud dari suspend disini adalah saham Anda diberhentikan proses perdagangannya langsung oleh bursa efek. Ini artinya, investor tidak dapat menjual saham yang dimilikinya sampai suspend tersebut dicabut. Sementara jangka waktu untuk suspend ini pun juga berbeda-beda. Biasanya suspend ini akan terjadi tidak lama melainkan dalam waktu singkat sekitar satu hari.

Akan tetapi, ada pula suspend yang bisa berlangsung cukup lama yaitu beberapa hari. Tapi yang paling penting untuk Anda ketahui adalah apa yang membuat sebuah perusahaan bisa mengalami suspend dan bursa efek sampai memberhentikan seluruh proses perdagangan saham itu. Inilah beberapa penyebab di antaranya:

  1. Harga saham yang ada nilainya turun dengan sangat drastis hanya dalam waktu singkat
  2. Para kreditornya mempailitkan perusahaan tersebut
  3. Perusahaan sama sekali tidak memberikan syarat yang otoritas bursa itu minta pada Anda contohnya mereka tidak memberikan semua laporan finansial sampai dalam batas waktu yang sudah ditentukan.

Setelah itu, bursa efek akan melakukan beragam analisa untuk memutuskan apakah suspend yang dikenakan di perusahaan itu dapat dicabut atau tidak.

Keuntungan yang Diterima Investor dari Investasi Saham

Tentu saja setelah melihat dua resiko yang bisa muncul dari investasi saham ini akan membuat Anda berpikir bahwa masih ada keuntungan yang dapat diterima oleh investor bahkan seharusnya jauh lebih banyak atau lebih baik dibandingkan kerugiannya antara lain:

Dividen

Investasi saham mengenal sistem pembagian keuntungan atau profit yang diberikan perusahaan pada pemegang sahamnya, atau disebut dividen. Dividen ini asalnya dari keuntungan yang didapatkan perusahaan dan terbagi atas dua jenis yaitu saham dan tunai. Jika perusahaan membagikan dividen tunai, ini artinya mereka akan memberikan uang cash untuk semua pemegang saham dengan nilai per lembar saham yang dimiliki.

Sementara itu, dividen saham ini maksudnya adalah perusahaan itu akan memberikan dividen bukan dalam bentuk uang tunai melainkan dalam bentuk saham. Ini menandakan bahwa jumlah saham yang investor miliki akan semakin bertambah. Namun, ada pula perusahaan yang sama sekali tidak memberikan dividen untuk pemegang saham bahkan meskipun mereka mendapatkan laba sekalipun. Biasanya, perusahaan itu ingin memperluas usaha mereka. Akan tetapi, hal ini dilakukan hanya oleh perusahaan yang masih dalam tahapan pengembangan.

Capital Gain

Capital gain mengacu kepada keuntungan yang perusahaan berikan untuk pemegang saham dari perhitungan hasil selisih harga jual dan harga beli sahamnya. Dengan kata lain, untuk memperoleh laba, maka harga jualnya pun juga harus lebih tinggi dibandingkan dengan harga belinya. Capital gain ini biasanya terbentuk oleh aktivitas jual beli yang terjadi di dalam bursa efek.

Contohnya: Anda membeli saham A dan harga per lembar saham adalah Rp 3000. Kemudian karena terjadi sesuatu, maka Anda bisa menjual saham ini per lembarnya sebesar Rp 4000. Ini artinya, Anda mendapatkan capital gain ini dengan nominal keuntungan Rp 1000 untuk setiap lembar sahamnya.

Keuntungan yang Menarik

Banyak sekali orang yang akhirnya senang memainkan saham ini sejak mereka tahu bahwa mereka bisa berinvestasi meskipun modal yang mereka miliki tidak besar. Bahkan belum lagi, persentase keuntungan yang diterima dari saham ini pun menjanjikan apalagi untuk jangka waktu yang lama. Bahkan Anda pun bisa melakukan investasi ini dengan bermodalkan 100 ribu saja. Disini Anda bisa memperoleh satu lembar saham dengan keuntungan yang bisa berlipat dalam beberapa tahun lamanya. Belum lagi, margin keuntungannya pun bisa sampai 100%.

Pajaknya jauh lebih kecil

Bila dibandingan dengan produk investasi yang lainnya, maka persentase pajak yang dibebankan untuk saham ini lebih kecil bahkan hanya 0.1% dari keseluruhan total keuntungan akhir yang investor dapatkan. Selain itu, pajaknya juga bersifat final yang artinya adalah Anda tidak perlu lagi repot membayar pajak ketika pelaporan SPT setiap tahun karena sudah otomatis terpotong oleh pialang saham atau broker saat transaksi saham dilunasi.

Inilah resiko maupun keuntungan yang perlu Anda ketahui dari investasi saham sebelum memutuskan untuk menggunakan metode ini dalam menyimpan uang demi masa depan.

Leave a Comment

Copyright © 2020. All Rights Reserved. DailyFX.ID
Peringatan Resiko: Trading Forex adalah Bisnis berisiko tinggi, anda bisa kehilangan semua uang deposit. Jangan Pernah invest jika anda tidak siap untuk rugi. DailyFX.ID tidak akan menerima tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan sebagai akibat dari ketergantungan pada informasi yang terkandung dalam situs web ini termasuk data, kutipan, grafik, link pihak ketiga dan sinyal beli / jual. Harap pelajari dan pahami sepenuhnya mengenai risiko tertinggi terkait dengan perdagangan pasar keuangan.